Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Siap Panen, Green House Sido Muncul Hasilkan Rempah Kualitas Terbaik

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk siap melakukan panen rempah perdana pada Green House yang berada di area pabrik Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang. Tak main-main, hasil panen tersebut bakal memiliki kualitas yang terbaik mengingat proses penanamannya telah melewati proses uji laboratorium yang detail.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, beberapa tanaman rempah yang dilakukan uji coba penanamannya di Green House sejak beberapa bulan terakhir ini bisa dipanen pada bulan Maret 2023 ini. Setelah panen, akan dilakukan penelitian di Pusat Penelitian Tanaman Rempah Sido Muncul (PPRS).

“Di Green House ini berbagai rempah pilihan seperti Stevia dan Mint tumbuh subur. Nanti setalah dipanen akan kita lakukan penelitian di Pusat Penelitian Tanaman Rempah untuk mengetahui kadar minyak atsirinya, zat aktifnya dan lainnya,” kata Irwan Hidayat, didampingi Komisaris Sido Muncul, Johan Hidayat, disela kunjungannya di Green House Sido Muncul, Rabu (1/3/2023).

Irwan menambahkan, Green House Sido Muncul menggunakan teknologi drip irrigation system dari Netafim. Adapun hasil dari Green House ini tidak melihat berapa kuantitasnya tapi kualitas dari tanamannya itu.

“Harapannya dengan Green House ini kita bisa menciptakan tanaman rempah dengan kualitas yang bagus dibandingkan dengan tanaman rempah yang ada,” tambah Irwan.

Menurutnya, jika hasil dari penelitian ini sangat bagus sesuai dengan harapannya, maka akan disalurkan kepada 150 kelompok tani mitra Sido Muncul. Irwan pun optimis dengan cita-citanya untuk menciptakan tanaman rempah yang berkualitas lebih bagus dibandingkan dengan tanaman rempah dari India, Vietnam maupun Thailand.

“Kalau nanti hasilnya memuaskan, maka akan kita salurkan ke 150 kelompok tani yang menjadi Mitra Sido Muncul, dan saya optimis kualitas rempah dari Green House Sido Muncul ini lebih unggul dari kualitas rempah luar negeri,” ujar Irwan.

Saat disinggung apakah Green House ini pertama kali di Indonesia ? Irwan menegaskan kalau perusahaan, Sido Muncul menjadi pelopor tapi kalau pemerintah ia mengaku tidak tahu.

“Kalau perusahaan, Sido Muncul yang pertama melakukan penelitian dan penanaman di Green House, tapi kalau pemerintah saya tidak tahu,” tandas Irwan.

Seperti diketahui, Green House dan Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul ini akan menciptakan rempah-rempah yang ada di Indonesia seperti Lempuyang, Jahe dan Kapulaga juga untuk pengembangan tanaman Jahe, Kunyit, Kencur, Stevia, Mentha dan tanaman rempah lainnya menjadi berkualitas tinggi.

Setelah masa tanam, untuk melihat hasil dan pertumbuhannya dibutuhkan waktu sekitar dua atau tiga bulan. Sementara untuk Nursey targetnya akhir Maret sudah panen.

Untuk luas secara keseluruhan dari area ini hampir mencapai 1 hektar dengan perincian Nursery 1.152 m2, Green House produksi yang sudah siap operasi 2.496 m2 dan Green House produksi yang masih berupa pondasi 6.335 m2.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.