Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bulog Jateng Jalankan Fungsi Stabilisasi Harga Pangan

0 56

METROJATENG.COM, SEMARANG – Menilik peran Perum BULOG dalam upayanya menjaga stabilisasi harga di pasar komoditas pangan, maka menarik disimak langkah-langkah apa saja yang saat ini tengah dilakukan oleh BUMN yang yang didirikan pada tanggal 21 Januari 2003 ini. Perum BULOG yang dalam hal ini berdiri sebagai perpanjangan tangan pemerintah senantiasa melakukan upaya-upaya guna merealisasikan hal tersebut.

Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Jateng, Akhmad Kholisun menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjalankan fungsi Perum BULOG sebagai stabilitator harga pangan, baik di tingkat konsumen maupun produsen. Dirinya menekankan bahwa terdapat sejumlah kebijakan yang saat ini tengah diberlakukan agar tercapai keseimbangan harga di pasar, termasuk langkah-langkah preventif guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Saat ini kami tengah berupaya untuk melakukan penyerapan gabah dan beras yang penyerapannya kami maksimalkan sampai dengan akhir tahun. Penyerapan ini kami lakukan dalam rangka memperkuat persediaan pangan secara nasional, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Adapun sampai dengan saat ini, Bulog Jateng telah menyerap sebanyak 105.000 ton terhitung sejak bulan Januari 2022.”, terangnya.

Menurutnya, ketersediaan stok pangan yang terpenuhi akan berdampak secara langsung terhadap mekanisme harga yang ada di pasar. Hal ini dirasa akan menjadi langkah yang efektif untuk mengendalikan harga pasar.

“Disamping melakukan penyerapan gabah dan beras, kami juga memiliki program yang bernama Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Pangan atau yang disingkat menjadi KPSH, dimana dalam program ini kami menyalurkan beras berkualitas medium melalui berbagai saluran jaringan penjualan yang kami bina, antara lain RPK/TPK, Agen Pengecer, Retail Modern, iPanganandotcom, dan distibutor. Harapannya dengan adanya program ini, kebutuhan beras di masyarakat dapat terpenuhi sehingga harga yang ada di pasaran menjadi kondusif.”,jelasnya.

Selain itu, Bulog Jateng juga rutin menggelar bazaar pangan murah yang diselenggarkaan sepanjang tahun di berbagai kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan dengan memasarkan varian produk komersial BULOG ke masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada para pihak yang berkontribusi terhadap penjualan melalui KPSH maupun komersial, kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat.”, tambahnya.(lan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.