Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Binus Semarang Berkomitmen Cetak Lulusan Siap Hadapi Industri 4.0

0 193

METROJATENG.COM, SEMARANG – Bina Nusantara School Semarang dan Binus University @Semarang, Kamis (18/8/2022), resmi dilaunching. Kampus yang berlokasi di Kawasan POJ City Marina ini berkomitmen mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul guna menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Rektor Binus University, Prof. Harjanto Prabowo mengatakan, Binus Semarang telah memiliki akreditasi UNBBUI dari BAN-PT yang mengusung program akademik unggulan (241)41. Program inovatif tersebut dirancang untuk mengembangkan keilmuan dan keprofesian.

“Mahasiswa akan menjalani dua tahun awal perkuliahan mereka di kampus asal. Kemudian, di satu tahun berikutnya, mahasiswa dapat melanjutkan studi mereka di kampus Binus di kota lain, serta satu tahun tambahan dijalani mahasiswa dengan memilih satu dari enam enrichment program yang ditawarkan seperti internship, research, community development, entrepreneur, study abroad, specific independent study, dan further studies,” katanya.

Dijelaskan, Binus University terus berkomitmen 2 dari 3 lulusannya bekerja di perusahaan multinasional ataupun top nasional atau menjadi entrepreneur.

“Program 24141 yang sudah disiapkan dengan baik diharapkan akan dapat memenuhi komitmen tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Binus sebagai institusi pendidikan berkelas dunia telah hadir sejak tahun 2015. Di Semarang, Binus juga bersinergi dengan rekanan sekolah dan industri, untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang relevan terhadap perubahan zaman.

“Sebagai wujud kontribusi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah, Binus terus berperan aktif dalam membina dan memberdayakan masyarakat, yakni melalui berbagai kegiatan mulai dari Pembinaan UMKM, Binus Bangun Desa, dan kolaborasi dengan berbagai industri di Jawa Tengah untuk melahirkan SDM yang unggul,” ungkapnya.

Harjanto menuturkan, keyakinannya semakin bertambah dengan potensi Kota Semarang dan Jawa Tengah sebagai kota dan provinsi yang akan terus berkembang.

“Sebagai salah satu institusi pendidikan yang berkomitmen membina dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan, Binus kembali mewujudkan kontribusinya yang dipersembahkan bagi Nusantara,” terangnya.

Grand Launching ditandai prosesi Penandatanganan Batu Prasasti oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. yang hadir secara daring.

Dalam sambutannya, ia mengajak warga Binus dan masyarakat untuk melebarkan sayap membuka kesempatan yang lebih luas bagi anak-anak Indonesia dalam memperoleh pendidikan berkualitas.

“Mari satukan langkah kita secara serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan mendorong pendidikan berkualitas global bagi generasi muda di Jawa Tengah,” tegas Nadiem.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.