Youtuber Han Yoo Ra Bagi Pengalaman Budaya Korea-Indonesia di Korinfest 2019

Pada acara Korinfest, Han Yoo Ra berbagi cerita awal mula menjadi content creator dan menjawab pertanyaan penonton tentang budaya Korea.

SEMARANG – Penggemar budaya Korea di Kota Semarang dimanjakan oleh penyelenggaraan Korea Indonesia Festival (Korinfest) 2019 di Auditorium Undip Imam Bardjo, Sabtu (5/10/2019). Pengunjung tidak hanya hanyut pada penampilan lagu dan musik Korea, tapi juga belajar tentang budaya Negeri Ginseng dari Youtuber dan influencer asal Korea, Han Yoo Ra.

Youtuber asal Korea Han Yoo Ra tampil di Korinfest 2019 di Auditorium Undip Imam Bardjo, Sabtu (5/10/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Pada acara yang diselenggarakan Korea Indonesia Club Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang itu, Han Yoo Ra hadir pada sesi K-Talk. Dengan bergaun batik berwarna hitam coklat, perempuan berusia 28 tahun itu naik panggung dan disambut antusias oleh penonton.

“Annyeonghaseyo, selamat siang! Wah, senang akhirnya saya bisa hadir di Semarang dengan kaki saya sendiri. Tidak hanya makan Lunpia Basah oleh-oleh dari teman yang habis berkunjung dari Semarang,” ungkapnya.

Content creator yang sudah tinggal di Indonesia selama 13 tahun itu suka berbagi tentang budaya Korea melalui Instagram-nya @big_miss_han atau channel Youtube Han Yoo Ra. Pada acara Korinfest, dia pun berbagi cerita awal mula menjadi content creator dan menjawab pertanyaan penonton tentang budaya Korea.

“Awal saya menjadi konten kreator itu, karena hobi dan dapat tugas kuliah untuk bikin konten di Youtube. Kemudian, juga sering bikin project di perusahaan tempat dulu saya bekerja. Eh, ternyata banyak yang suka dan booming,” katanya yang memilih membuat konten dengan bahasa Indonesia itu.

Keeksisan Han Yoo Ra ini disukai para penggemar Korea di Indonesia dan mengunduh banyak pengikut yang mengidolakannya.

“Melihat itu maka kini saya fokus untuk membentuk komunitas, tapi bukan sekadar fansclub yang bilang, eonni cantik, eonni cetarrr…,” tuturnya.

Yoo Ra mengajak sesama fans-nya untuk saling menginspirasi dan berbagi dalam sebuah topik diskusi. “Saya ingin membuat gerakan positif untuk anak muda yang saling mendukung bukan merundung,” imbuhnya.

Interaksi yang erat dengan masyarakat Indonesia ini pun membuat dia betah tinggal di republik ini. Dia pun mengungkapkan, selain terlanjur cinta dirinya juga bilang kalau tinggal di Indonesia itu lebih hemat.

“Indonesia tidak banyak musim, beda dengan di Korea yang punya empat musim dimana setiap musim kita harus belanja baju dan kosmetik, ganti gaya rambut dan lainnya. Di Indonesia lebih irit tidak usah banyak belanja, uangnya bisa buat biaya nikah yang cetar,” ujarnya sambil tertawa.

Diskusi K-Talk pada acara itupun makin meriah, karena ada bagi-bagi hadiah dari Han Yoo Ra ke penonton.

Ketua Korin Club FIB Undip, Lung Ayu mengatakan, Korinfest ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk para penggemar budaya Korea di Semarang.

“Kami tidak hanya berbagi tentang KPop, tapi juga ingin memperkenalkan budaya Korea lainnya seperti tarian tradisional, dan diskusi,” katanya. (ang)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.