Wow! Ada Bunga Bangkai Tumbuh di Kawasan Pantai Bandengan

image
Pengunjung Pantai Bandengan mengabadikan Bunga Bangkai yang tumbuh tidak di kawasan Pantai Bandengan. FOTO: Rhobi Shani

JEPARA – Masa peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan, bunga rafflesia arnoldi atau bunga bangkai, banyak ditemukan di Desa Bandengan Kecamatan Jepara Kota Kabupaten Jepara. Tepatnya, tidak jauh dari kawasan Pantai Bandengan Jepara.
 
Bunga yang biasanya muncul setahun sekali itu, saat ini dapat dijumpai di kawasan Pantai Bandengan. Tidak jauh di sisi selatan loket objek wisata Pantai Bandengan tumbuh bunga bangkai.
 
Seorang petugas loket objek wisata Pantai Bandengan, Purnomo, menyampaikan, meski jumlahnya tidak banyak, hampir setiap tahun sekali, saat peralihan musim, sering dijumpai bunga bangkai tumbuh di kawasan Pantai Bandengan.
 
“Diketahui sudah seminggu ini, mekarnya kalau sore kemudian mengeluarkan bau busuk,” ujar Purnomo.
 
Lebih lanjut Purnomo menceritakan, saat mekar, ukuran kelopak bunga bisa mencapai dameter lebih dari 50 centi meter. Sementara, aroma busuk seperti bangkai tercium hingga radius belasan meter.
 
“Kalau pas mekar bunganya bagus, tapi baunya memang tidak enak,” kata Purnomo.
 
Lantaran tergolong jenis bunga langka karena jarang dijumpai, tak pelak tumbuhnya bunga bangkai di dekat loket objek wisata Pantai Bandengan membetot perhatian sejumlah pengunjung. Tak sedikit wisatawan lokal yang melihat bunga bangkai dari dekat, kemudian mengabadikannya dengan kamera telpon genggam.
 
“Tidak banyak pengunjung yang tahu, kalau tahu ini bunga bangkai biasanya padam foto-foto di dekat bunga karena kan jarang ditemui bunga bangkai,” tutup Purnomo. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

98 − 97 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.