Warga Semarang Kini Bisa Bayar PBB Pakai GoPay

Inovasi Digital

Kolaborasi strategis antara GoPay dan Pemkot Semarang tersebut mendukung program smart city dan cashless city

SEMARANG – Warga Kota Semarang kini semakin dimudahkan dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Sebab, tagihan pajak tersebut dapat dibayar dengan sistem transaksi nontunai melalui GoPay.

Jajaran pimpinan GoPay didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyosialisasikan cara pembayaran PBB melalui GoPay kepada warga di sela acara Jalan Sehat Taat Pajak Daerah. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Kemudahan dalam pembayaran PBB ini merupakan kerja sama strategis antara GoPay dengan Pemerintah Kota Semarang. Sebelumnya, GoPay juga telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang memperkenalkan kemudahan pembayaran di Trans Semarang.

Head of Sales GoPay, Arno Tse mengatakan, sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, pihaknya ingin mempermudah akses layanan keuangan bagi masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan formal. Pembayaran nontunai terutama yang terkait aktivitas sehari-hari merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat  terhadap layanan jasa keuangan.

“Inovasi pembayaran nontunai yang telah diperkenalkan GoPay di Kota Semarang mendapatkan sambutan yang baik. Kondisi itu terlihat dari animo masyarakat yang cukup tinggi menggunakan GoPay untuk membayar tiket Trans Semarang,” ungkapnya, Rabu (2/1/2019).

Kolaborasi strategis antara GoPay dan Pemkot Semarang tersebut mendukung program smart city dan cashless city yang dicanangkan ibukota Jawa Tengah ini.

“Jika masyarakat terbiasa memanfaatkan pembayaran nontunai yang transparan dan mudah, maka Pemkot Semarang dapat dengan mudah memperkenalkan inovasi digital lain yang dapat meningkatkan pelayanan publik,” kata Arno.

Kolaborasi ini merupakan kali pertama bagi GoPay masuk pada transaksi nontunai untuk pembayaran pajak daerah.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya menawarkan pilihan dan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat Semarang dalam melakukan berbagai urusan.

“Untuk itu kami menyambut baik sinergi dengan GoPay dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang. Mulai bayar tiket Trans Semarang dan sekarang bayar PBB,” katanya.

Sementara itu, masyarakat yang ingin membayar PBB dengan GoPay cuma butuh beberapa langkah mudah. Cukup dengan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PBB menggunakan aplikasi GoJek dan memasukkan jumlah yang harus dibayar. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.