Warga Panik Lihat Desanya Dilanda Tsunami Kecil

Warga terlihat mencoba mengais barang yang masih bisa diselamatkan. 
?
 

 
KENDAL – Banjir bandang yang terjadi di Dusun Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Kendal menyisakan trauma pada warga. Sejumlah warga masih syok dan panik saat banjir bandang dari Sungai Duren dan Sungai Mati menerjang pemukiman warga. Air bercampur lumpur dan kayu berukuran besar menghantam apa saja yang dilaluinya.

“Kejadiannya setelah hujan deras, tiba-tiba ada suara gemuruh dari sungai dan terlihat air bercampur lumpur dan batu serta kayu menggulung. Warga panik dan berlarian menyelamatkan diri,” ujar Ahmad Royan warga Purwosari.

Sejumlah barang berharga tidak sempat diselamatkan karena air begitu deras dan cepat menerjang rumah warga. Kendaraan milik warga yang tidak sempat diselamatkan rusak parah, begitu juga dengan barang berharga.

Banjir bandang yang terjadi Minggu (26/02) sore ini merusak sedikitnya 19 rumah warga, empat diantaranya hanyut terbawa banjir. Hingga Senin (27/02) pagi Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kendal mencatat 19 rumah rusak, sementara tidak ada laporan korban jiwa.

Dua orang yang sebelumnya dilaporkan hilang, dari pendataan BPBD sudah ditemukan sedang berada di rumah saudaranya. Warga masih membersihkan sisa lumpur yang terbawa banjir bandang yang diakibatkan curah hujan tinggi di wilayah Gunung Prau.

Endapan lumpur yang terbawa banjir hampir mencapai satu meter. Hingga Senin siang sejumlah relawan dari BPBD Kendal, PMI Kendal, Basarnas, Relawan MDMC Kendal, TNI dan warga masih membersihkan material lumpur di dalam rumah. Warga juga terlihat mencoba mengais barang yang masih bisa diselamatkan. 

Data dari BPBD Kendal banjir diakibatkan debit air sungai Duren dan sungai Mati yang berasal dari Curug Sawo dan Curug Mati naik setelah diguyur hujan lebat minggu siang. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

51 + = 58

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.