Warga Minta Dibuatkan Jalan Keluar Masuk Tol di Ngaliyan

Tidak adanya jalur keluar masuk menuju tol di wilayah Ngaliyan menyusahkan warga Ngaliyan, Mijen dan sekitar ketika hendak bepergian menggunakan akses tol.

 

SEMARANG – Pemerintah diminta untuk membuat jalur keluar masuk tol Semarang-Batang di jembatan Ngaliyan, tepatnya di sekitar SMP Negeri 16 Semarang. Permintaan itu disampaikan oleh sejumlah warga Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

‘’Di wilayah barat, khususnya Ngaliyan perlu ada jalur keluar masuk tol. Apalagi Ngaliyan menjadi daerah yang banyak dilalui jalur tol,’’ kata Ardian, warga Ngaliyan, Kamis (17/1/2019).

Dia beralasan tidak adanya jalur menuju tol menyusahkan warga Ngaliyan, Mijen dan sekitar ketika hendak bepergian menggunakan akses tol. Saat ini jalan keluar masuk tol hanya ada di Krapyak. Padahal jalur lalu lintas di sekitar Jrakah dan Krapyak selama ini kerap padat bahkan kadang macet.

‘’Untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di Krapyak dan Jrakah, di wilayah Semarang bagian barat perlu ada tambahan jalur keluar masuk tol, idealnya ya di Ngaliyan,’’ tegasnya.

Wisnu Purnomo, warga BSB, Ngaliyan, juga mengatakan kebutuhan jalur keluar masuk tol Semarang-Batang di wilayah Ngaliyan sangat mendesak.

‘’Pemerintah kota harus mengajukan kebutuhan ini ke pemerintah pusat, khususnya yang menangani masalah tol,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, pihaknya siap mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk menindaklanjuti permintaan warga.

Sebenarnya pihaknya juga pernah mengajukan permohonan yang sama. Namun hingga kini permohonan penambahan akses keluar masuk tol Semarang-Batang belum ada tanggapan. Baik dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL) maupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

‘’Kalalu memang mendesak bagi warga, kami akan mengajukan surat permohonan lagi. Karena dari kajian-kajian yang kami lakukan, memang butuh ada penambahan akses keluar masuk tol Semarang-Batang ini, yang ada di wilayah Semarang bagian barat,’’ tandasnya. (duh).

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.