Warga Keluhkan Aturan Baru BPJS Kesehatan

Dulu pasien bisa masuk ke IGD untuk rawat inap langsung ditangani di RS berbagai tipe. 

SEMARANG- Aturan baru BPJS Kesehatan terkait rujukan diawali dari rumah sakit (RS) tipe D, dikeluhkan banyak masyarakat.

Loket BPJS Kesehatan di RS Elisabeth Semarang, Rabu (26/9/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Warga Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Nugroho membandingkan pelayanan BPJS Kesehatan yang lama dan baru. Dulu pasien bisa masuk ke IGD untuk rawat inap langsung ditangani di RS berbagai tipe.

“Sekarang nggak bisa. Harus ada surat rujukan dari Faskes pertama. Lalu ke RS tipe C. Kalau alat kurang baru dirujuk ke RS tipe B. Baru ke tipa A,” kata dia, kepada metrojateng.com, Jumat (5/10/2018).

Seperti diketahui, rujukan RS yang biasanya ditentukan oleh petugas Faskes tingkat pertama yaitu Puskesmas atau berdasarkan keinginan dari pasien, sekarang tidak bisa seperti itu lagi. Rujukan harus ke RS tipe D dulu sebelum ke RS tipe di atasnya.

Warga Banyumanik, Sismanto mengatakan, dampak sistem baru menjadi banyak pasien di RS tipe D. Padahal RS tipe D rata-rata fasilitasnya sangat kurang.

“Seperti di RS Banyumanik sebagai RS Tipe D, jumlah kamar rawat inap masih sangat kurang. Bahkan seblum kebijakan itu diberlakukam di RS banyamanik sudah kewalahan menangani pasien,” ujarnya.

BACA JUGA: Rujukan Online BPJS Kesehatan Tak Berjalan Mulus 

Kepala BPJS Kesehatan Semarang, Bimantoro saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini sedang dilakukan ujicoba sistem rujukan berjenjang dengan memanfaatkan teknologi informasi secara lebih online dan kontinu.

“BPJS Kesehatan saat ini sedang mengujicobakan proses rujukan on line. Apa yang dikeluhkan masyarakat, dapat terus diperbaiki sesuai koridor yang ada,” kata dia.

Rujukan on line ini, kata dia, prinsipnya sederhana. Mendigitalisasi sistem rujukan yang selama ini manual menjadi on line dengan aplikasi. “Banyak manfaat positif  nantinya. Mungkin ada ketidaknyamanan sementara waktu,” ungkap dia. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.