Wali Kota Tegal Hadapi Tugas Berat Usai Pelantikan

Wali Kota Tegal harus melakukan reformasi birokrasi pasca-operasi tangkap tangan (OTT) Siti Marshita oleh KPK.

SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik tiga kepala daerah dan Wakil Wali Kota Tegal Nursholeh menjadi Wali Kota Tegal dengan sisa jabatan 2014-2019, di Kompleks Gubernuran Semarang, Senin (24/9/2018).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melantik tiga pasangan kepala daerah dan wakil wali kota Tegal di kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Senin (24/9/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Tiga pasangan bupat-wakil bupati terpilih yang dilantik tersebut adalah Bupati Banyumas Achmad Husein dan wakilnya Sadewo Tri Lastiono, Bupati Temanggung Al Khadiq dan wakilnya Heri Ibnu Wibowo, serta Bupati Kudus Muhammad Tamzil dan wakilnya HM Hartopo.

Ganjar memberi tugas yang cukup berat bagi Nursholeh. “Wali Kota Tegal harus melakukan reformasi birokrasi pascaoperasi tangkap tangan (OTT) Siti Marshita oleh KPK,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta seluruh bupati dan wali kota guna terus membuka pintu investasi. Hal ini karena saat ini Jawa Tengah menjadi idola bagi para investor yang ingin mengembangkan usahanya.

Selain itu, pengelolaan lingkungan diperlukan inovasi dan teknologi, sehingga dukungan para akademisi perguruan tinggi sangat diperlukan dalam menciptakan inovasi dan teknologi yang tepat guna.

Ganjar mengatakan untuk mendorong dukungan terhadap aspek lingkungan tersebut, penyusunan RPJMD harus bisa disinkronisasikan dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten/kota.

“Mari kita dorong, kita atur, kita tata betul-betul. Sampah luar biasa banyaknya. Kita mesti dorong betul untuk dukungan aspek lingkungan ini agar tertata dengan baik, keseimbangan dan daya dukungnya diatur dan tata ruangnya terjaga,” tegasnya.

Seiring dengan tata lingkungan, Ganjar juga berpesan semua pihak terus menggerakkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Salah satunya dengan bersih-bersih lingkungan di hari Jumat. Selain untuk menjaga lingkungan, gerakan itu tentu memberikan dampak kesehatan yang baik. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.