Wali Kota Magelang Ajak Generasi Milenial Selalu Kenang Jasa Pahlawan

Sigit mengaku ikut merasakan beratnya perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan.

MAGELANG – Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengajak generasi muda untuk selalu menghargai perjuangan para pahlawan. Orang nomor satu di Kota Sejuta Bunga itu merasakan beratnya perjuangan pejuang kemerdekaan sekalipun hanya dalam sebuah fragmen.

Wali Kota Sigit Widyonindito ikut terlibat dalam fragmen perjuangan di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu (25/8/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Pertunjukan fragmen persembahan keluarga besar Kodim 0705 Magelang tersebut diadakan sebelum berlangsungnya karnaval peringatan HUT ke-73 RI di Alun-alun Timur, Sabtu (25/8/2018). Fragmen menggambarkan perjuangan para pahlawan saat merebut kekuasaan dari penjajah Jepang di Kampung Tulung. 

Wali Kota Sigit didaulat sebagai Kolonel Sarbini dan Komandan Kodim 0705/Magelang, Letkol Kukuh Dwi Antono sebagai Mayor Ahmad Yani. Dalam fragmen digambarkan kekejaman pasukan Jepang yang menyerang Kota Magelamg secara membabi buta. Banyak warga yang tewas terbunuh.

Sigit mengaku ikut merasakan beratnya perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan. “Hanya ikut fragmen sebentar saja, saya sudah bisa merasakan betapa berat perjuangan para tentara dan pahlawan yang merebut kemerdekaan,” katanya.

Oleh karena itu, Sigit mengajak kepada generasi penerus untuk selalu menghargai perjuangan para pahlawan. Caranya mengisi kemerdekaan dengan berbuat hal-hal yang positif untuk memajukan negara.

Penampilan peserta karnaval di Kota Magelang, Sabtu (25/8/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Sigit mengatakan, karnaval tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Ini sudah menjadi komitmen pemerintah Kota Magelang, mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat,” lanjutnya.

Karnaval tahun ini cukup berbeda dibanding edisi sebelumnya. Tidak ada performance seni di depan panggung kehormatan, karena yang ditampilkan hanya mobil-mobil hias saja.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kota Magelang Taufiq Nurbakin selaku ketua panitia karnaval menjelaskan, tahun ini karnaval hanya menampilkan mobil hias. Ada 93 peserta yang ikut, antara lain dari 26 OPD, 35 sekolah, 18 kelurahan dan 14 peserta umum.

Mobil hias ini juga dilombakan sehingga para peserta benar-benar menampilkan yang terbaik.Hadiah pulahn juta sudah disiapkan untuk penampil terbaik. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.