Wahana Permainan Lebih Lengkap, Semarang Zoo Kembali Dibuka

- Koleksi satwa juga bertambah dengan kehadian dua ekor anak harimau benggala baru benama Covi dan Vivid.

Salah satu anak harimau benggala baru yang dihadirkan saat launching pembukaan kembali Semarang Zoo oleh Walikota Semarang.

SEMARANG – Tempat wisata Semarang Zoo di Mangkang, Kecamatan Tugu, Kota Semarang kembali dibuka. Tempat yang dulu bernama Kebun Binatang Mangkang ini kembali membuka operasionalnya mulai Rabu (15/7), setelah hampir 3 bulan tutup akibat Pandemi Covid-19.

Pembukaan ini menambah jumlah destinasi wisata di Kota Semarang yang telah dibuka. Di antaranya beberapa tempat hiburan dan cafe yang sebelumnya telah lebih dulu kembali beroperasi.

Menariknya dibukanya kembali Semarang Zoo ini ditandai kehadiran 2 ekor anak harimau benggala baru. Pada tanggal 28 April 2020 lalu telah lahir 2 anak harimau betina, salah satunya berwarna putih. Pada saat pembukaan Wali Kota Semarang menamai mereka Covi dan Vivid.

“Alhamdulillah pada hari ini 2 ekor harimau betina saya namakan Covi dan Vivid, jadi kalau digabung Covid. Agar menjadi pengingat bahwa disaat pandemik telah lahir dua ekor harimau,’’ kata walikota.

Saat ini jumlah satwa di Semarang Zoo pun menjadi 286 ekor dengan 68 spesies. Khusus untuk harimau dengan tambahan 2 ekor total menjadi 70. Walikota yang akrab disapa Hendi berpesan agar satwa-satwa tersebut dirawat dan dijaga dengan baik.

Walikota Hendi juga menegaskan, sesuai aturan, dibukanya kembali salah satu ikon wisata di Kota Semarang ini harus dilengkapi dengan penerapan protokol kesehatan. Bahkan, dia meminta jika pengunjung di dalam sudah penuh maka pintu Semarang Zoo harus ditutup. Baru dibuka lagi setelah pengunjung yang di dalam ada yang keluar.

‘’Dan hari ini juga Semarang Zoo mulai bisa dikunjungi oleh pengunjung, namun harus dengan standar protokol kesehatan,” ujarnya.

Kepala Divisi Operasional Semarang Zoo, Bogi Fatoni menyampaikan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan sejak dari gerbang masuk Semarang Zoo. Pengunjung yang akan masuk diharuskan terlebih dahulu untuk cuci tangan di tempat yang telah tersedia.

Petugas juga akan memeriksa suhu tubuh setiap pengujung. Serta seluruh pengunjung harus mengenakan masker dan tidak boleh berada dalam kondisi sakit.  Selama pandemic Covid-19 Semarang Zoo dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00.

‘’Area antrean tiket masuk pun sudah diberi tanda jaga jarak antar pengunjung. Di beberapa titik area ticketing juga disediakan hand sanitizer,’’ terangnya.

Di dalam lokasi Semarang Zoo, lanjut dia, di setiap kandang setiap hewan telah disediakan penanda untuk pengunjung agar tidak saling berdekatan ketika melihat hewan. Setiap bangku pun telah ditandai agar physical distancing terlaksana.

Bogi mengatakan, pembayaran tiket Semarang Zoo juga sudah mulai non tunai. Pembayaran saat ini sudah bisa melalui pengembangan pembayaran “Chip Based” dengan Kartu Tapcash dari Bank BNI, dan akan berlanjut kerjasama dengan kartu-kartu yang lain. Seperti E-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Flash dari Bank BCA.

Juga pengembangan pembayaran cashless dengan “QR code based”. Dimulai dengan yang sudah bisa dipakai oleh pengunjung dengan LinkAja, Gopay, OVO dan DANA. Semarang Zoo juga sedang running (teknis & administratif) dengan metode pembayaran (Shopee Pay).

‘’Harapannya di re-opening atau pembukaan kembali ini, masyarakat bisa menggunakan semua metode pembayaran non-tunai yang sudah kami sediakan, sehingga benar-benar bisa dijalankan sesuai protokol kesehatan,’’ katanya.

Wahana baru permainan untuk anak dan keluarga di tempat wisata Semarang Zoo Kota Semarang.

Sementara Plt. Direktur Semarang Zoo Indriyasari mengatakan, pihaknya sudah siap untuk memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Kota Semarang. Di antaranya telah memasang tempat cuci tangan dibeberapa titik hingga di dekat kandang.

“Sudah beberapa kali kita konsultasi dengan Gugus Tugas Kota Semarang dan beberapa pejabat Kota Semarang untuk syarat memenuhi standar protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selain ada dua ekor anak harimau baru, lanjutnya, pada pembukaan kembali ini, Semarang Zoo juga bekerjasama dengan Wahana Permainan PlaPlay. Sehingga bisa menambah semarak Semarang Zoo dan pengunjung lebih bisa memilih berbagai wahana yang sudah disiapkan.

‘’Kaitan kerjasama dgn PlaPlay tiket terintegrasi untuk seluruh pengunjung. Penggunaan Mesin Tiket Mandiri, dimana pengunjung bisa mencetak sendiri tiketnya. Ini pertama di kebun binatang seluruh Indonesia yang menggunakan mesin tiket mandiri untuk pengunjung,’’ jelasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.