Verifikasi Berkas Pendaftaran PPDB, Calon Siswa Rela Antre Sejak Subuh

Para pendaftar khawatir akan kehabisan token yang akan digunakan pada 1 Juli 2019 mendatang.

SEMARANG – Para calon peserta didik tingkat SMA sengaja mendatangi sekolah lebih awal untuk melalukan verifikasi berkas pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bahkan, di antara mereka rela datang usai subuh karena khawatir kehabisan jatah verifikasi.

Calon peserta didik SMAN 3 Semarang rela antre sebelum pendaftaran dibuka, Senin (24/6/2019). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Hari ini, Senin (24/6/2019) merupakan hari pertama pendaftaran untuk verifikasi berkas dan mendapatkan token. Pendaftaran verifikasi berkas sejatinya bisa dilakukan pada 24 hingga 28 Juni 2019.

Seorang siswa yang mendaftar di SMAN 3 Semarang, Nathan C Putra mengatakan sudah berada di gerbang SMAN 3 Semarang sejak pukul 05.00. Dia khawatir akan kehabisan token yang akan digunakan pada 1 Juli 2019 mendatang. Padahal pendaftaran verifikasi berkas untuk mendapatkan token dimulai pukul 08.00 hingga 15.00.

Isu yang berkembang di kalangan pendafar adalah token disediakan bagi yang paling cepat mendaftar. Oleh karena itu, ratusan calon peserta didik rela antre jauh sebelum waktu pendaftaran dibuka.

Communication and Cooperation Affairs SMAN 3 Semarang, Arief Setyayoga isu tersebut tidak benar. Pihak sekolah akan tetap melayani pendaftaran verifikasi berkas sesuai jadwal, yakni 24 hingga 28 Juni 2019 pada pukul 08.00 hingga 15.00.

“Verifikasi berkas ini hanya untuk mendapatkan token. Token itulah yang akan digunakan untuk mendaftar secara online pada 1 sampai 5 Juli 2019 mendatang,” katanya.

Dia mengimbau kepada calon peserta didik agar tidak termakan isu untuk cepat mendaftar. Penerimaan sudah mengacu pada aturan zonasi yang ditetapkan.

Verifikasi berkas pendaftaran hanya berupa fotokopi Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan surat keterangan hasil ujian nasional yang sudah dilegalisir. Kemudian panitia akan memberikan token untuk digunakan mendaftar pada 1 Juli 2019 mendatang. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.