Upacara HUT RI, Santri Ponpes Apik Kompak Sarungan dan Berpeci

Meski tidak berseragam dan hanya mengenakan sarung, para santri tetap khidmat mengikuti upacara bendera.

KENDAL – Ribuan santri di Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal punya cara berbeda dalam menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia. Mereka tetap memertahankan ciri khas seorang santri saat menggelar upacara, lengkap dengan sarung dan berpeci.

Upacara HUT RI di Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal, Sabtu (17/8/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Tidak ada seragam hanya baju putih dan sarung hitam yang dikenakan ribuan santri ini. Mereka juga tidak mengenakan sepatu hanya beralas kaki sandal. Hanya peci yang dikenakan diberi bendera merah putih sebagai tanda cinta terhadap tanah air Indonesia.

Meski tidak berseragam dan hanya mengenakan sarung, para santri tetap khidmat mengikuti upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI, di halaman parkir Masjid Al Mutaqqin Kaliwungu, Sabtu (17/8/2019) pagi. Petugas pengibar bendera juga tidak mengenakan celana panjang tetapi tetap mengenakan sarung berwarna putih.

Penasihat santri Ponpes APIK Kaliwungu, Aden Sanaya mengatakan, petugas upacara hingga pembina upacara seluruhnya adalah santri. “Pengasuh ponpes hanya memberi dukungan agar santri menyelenggarakan upacara bendera hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ada 1.200 santri yang ikut dalam upacara bendera ini sedangkan mengenakan sarung merupakan pakaian wajib santri yang me-nusantara,” jelasnya.

Santri yang ikut upacara seluruhnya santri putra karena Ponpes APIK Kaliwungu yang berdiri seratus tahun silam merupakan pondok pesantren salaf khusus putra. Dalam upacara ini selain menyanyikan lagu nasional juga diisi dengan lagu yalal wathon yang dinyanyikan seluruh santri. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.