UNNES-Malaysia Berkolaborasi Perkuat Program Bahasa Melayu

Ini menjadi upaya optimalisasi bidang penelitian linguistik Indonesia dan Malaysia.

Perwakilan UNNES memberikan cendramata berupa plakat dan busana batik kepada UPM. (Istimewa)

 

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengutus sejumlah mahasiswa KKL Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia untuk memulai kolaborasinya dengan Universitiy Putra Malaysia (UPM). Hal ini dilakukan untuk mengoptimalisasi bidang penelitian linguistik Indonesia dan Malaysia.

Kunjungan pada Rabu (6/3/2019) itu dilakukan 45 mahasiswa yang diampingi Ida Zulaeha, sebagai Koordinator Magister Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Unnes, dan Lulu April Farida, perwakilan hubungan internasional Unnes.

Mereka disambut oleh Prof. Dr. Adi Yasran sebagai perwakilan UPM Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi.

Adi Yasran menjelaskan format jurnal Mahawangsa dan Jurnal Pertanika dari UPM, agar agar mahasiswa UNNES dapat mempublikasikan artikelnya. Hasilnya, di antara mahasiswa menawarkan topik penelitian yang berbeda-beda untuk dipublikasikan seperti critikal discourse analysis, linguistik forensik, sastra tradisional, dan semantik.

“Output kegiatan ini untuk eksplorasi peluang untuk kolaborasi pada kegiatan akademik dan penelitian antara magister pendidikan Bahasa Indonesia, pascasarjana, UNNES dan magister departemen Bahasa Melayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi UPM,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima metrojateng.com, Senin (11/3/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Zaitul Azma sebagai Koordinator magister departemen Bahasa Malayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM beserta stafnya.

Kolaborasi internasional antara magister pendidikan Bahasa Indonesia dengan magister departemen Bahasa Malayu UPM juga demi meningkatkan kerjasama antar keduanya.

Sabardi, Ketua Tim Mahasiswa KKN UNNES mengungkapkan dengan adanya kunjungan ini, pihaknya berterima kasih kepada UPM yang bersedia melakukan studi Internasional internship. Demikian juga dengan UPM yang turut berterima kasih atas kehadiran UNNES. (far)

 

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.