UN Online Bikin Mata Letih

KENDAL – Penerapan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA berbasis komputer (computer based test) menuai reaksi beragam dari para siswa.

Siswa SMK Negeri 2 Kendal Yuli Maulina misalnya. Selama pelaksanaan ujian, dia terus was-was, khawatir jika listrik maupun jaringan internet padam di tengah ujian berlangsung.

“Kalau persiapannya sudah matang, bahkan saat uji coba sudah siap tapi khawatir jika jaringan internetnya putus dan listrik padam,” katanya.

Hal berbeda dirasakan Putri Auliya Nasution, peserta UN online dari SMK Negeri 3 Kendal. Menurutnya, ujian berbasis komputer ini soalnya lebih mudah. Para peserta pun sulit untuk mencontek peserta lainnya.

Namun ujian dengan komputer membuat mata peserta ujian cepat lelah, karena memandang layar komputer dalam waktu lama yakni sekitar dua jam.

“Yang jelas mata cepat letih dan pedas karena harus memandang layar komputer,” katanya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal sendiri memastikan, ujian nasional dengan menggunakan sistem online akan berjalan lancar dengan dukungan jaringan internet yang baik. Siswa pun tak perlu khawatir listrik padam saat ujian berlangsung karena tiap sekolah telah menyiapkan genset sebagai pembangkit listrik cadangan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

48 − 44 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.