Tuntaskan Program e-KTP, Mendagri Minta Masyarakat Proaktif

SEMARANG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan program Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) progresnya saat ini sudah mencapai 97 persen. Namun demikian untuk bisa menyelesaikannya hingga 100 persen selalu ada masalah yang dihadapi.

Mendagri Tjahjo Kumolo saat meninjau pelaksanaan Pilgub Jateng di Semarang, Rabu (27/6). Foto: masrukhin abduh

Pemerintah telah menyampaikan program e-KTP akan selesai pada akhir 2018. Menurut Tjahjo Kumolo, tapi program e-KTP sendiri setiap tahun selalu ada masalah, karena remaja yang masuk dewasa atau sudah berkewajiban memiliki identitas kependudukan tersebut mencapai belasan juta orang per tahun.

‘’Karena remaja yang masuk dewasa sampai 15 juta per tahun, per hari ini program (e-KTP) ini sudah 97%,’’ katanya saat berada di Kota Semarang, belum lama ini.

Pria asli Kota Semarang ini mengatakan, untuk menyelesaikan program e-KTP ini sesuai rencana pada akhir 2018, maka masyarakat harus pro aktif. Pemerintah sudah melakukan jemput bola tapi masyarakat juga harus proaktif untuk melakukan perekaman data di tempat-tempat yang terdekat.

‘’Sisanya masyarakat dimohon untuk program aktif. Pemerintah jemput bola, tapi masyarakat juga harus pro aktif termasuk bagi masyarakat yang ada di luar negeri seperti para TKI (Tenaga Kerja Indonesia),’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

44 − 38 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.