Tumpukan Kontainer di TPKS Tanjung Emas Terbakar

Peristiwa terjadi saat proses pemindahan bangkai crane yang roboh akibat tertabrak Kapal MV Soul of Luck.

SEMARANG – Tumpukan kontainer yang tertimpa crane di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengeluarkan api dan menimbulkan asap tebal, Jumat (19/7/2019) sore. Hingga malam ini asap dan lalu lalang mobil pemadam kebakaran masih terlihat di lokasi kejadian. Kejadian itu diduga berasal dari percikan api pengelasan yang menyambar kontainer tangki BBM.

Kepulan asap dari tumpukan kontainer di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang masih terlihat hingga Jumat (19/7/2019) malam. Foto: metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar

Menurut Dirut Pelindo III, Doso Agung, peristiwa terjadi saat proses pemindahan bangkai crane yang roboh akibat tertabrak kapal pada hari Minggu (14/7/2019) lalu. Pada saat pemindahan tersebut dilakukan proses pemotongan dan pengelasan. Sementara di antara runtuhan crane tersebut terdapat tangki bahan bakar. Percikan api pengelasan diduga menyambar tangki bahan bakar tersebut.

“Jadi dalam rangka evakuasi dan pemindahan bangkai crane dilakukan proses pemotongan dan pengelasan. Proses tersebut sudah sesuai standar, termasuk menyiagakan padam kebakaran. Tangki bahan bakar juga sebelumnya sudah dikuras tetapi saat pengelasan percikan api menyambar BBM dan bahan lain yang mudah terbakar,” katanya saat dikonfirmasi.

Api yang menyambar tangki bahan bakar tersebut langsung ditangani oleh petugas yang ada di lokasi sehingga tidak menimbulkan dampak besar. “Tadi api sudah dipadamkan, hanya sebentar saja,” jelasnya.

Sementara itu General Manager TPKS Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Recky Julius Uruilal mengatakan, pengelasan dilakukan dari bagian atas kontainer. Panas tersebut merambat dan menyebabkan kardus di dalam kontainer terbakar.

“Mungkin panas dari dindingnya, di dalamnya panas. Itu karton asapnya tinggi, api juga tidak keluar, hanya di dalam kontainer. Ini kontainer yang tertimpa kemarin, bukan kontainer baru,” katanya.

Kapolsek KP3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang AKP Samsu menambahkan api juga mengenai isi kontainer seperti kain dan furniture. Api di tumpukan kontainer tersebut dapat dipadamkan pada pukul 18.20.

“Isi kontainer ada furniture dan konveksi. Ada tiga kontainer yang kena. Ini masih ditangani oleh pemadam,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada hari Minggu (14/7/2019) lalu kontainer crane nomor 3 TPKS Pelabuhan Tanjung Emas Semarang roboh setelah tertabrak Kapal MV Soul of Luck. Crane yang roboh tersebut menimpa tumpukan kontainer. Kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp 60 miliar. (aka)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.