Transparansi Pengelolaan Dana Desa Perlu Ditingkatkan

Pengawasan atas pengelolaan dana desa dibutuhkan agar pembangunan bisa tepat sasaran.

KUDUS – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendorong agar transparansi pengelolaan dana desa perlu ditingkatkan. Upaya ini agar pengelolaan dan laporan keuangan pemerintah daerah dapat dipercaya juga bisa dipertanggungjawabkan.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali menjadi pembicara dalam sosialisasi bertajuk Peran, Tugas, dan Fungsi BPK dan DPR dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa di Kudus, Kamis (28/3/2019). Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali meminta para kepala desa agar mematuhi peraturan-peraturan terkait dana desa. Selain itu, juga menekankan agar penyampaian dokumen dan laporan dilakukan secara lengkap.

“Kalau sampai penggunaan dana desa dari desa-desa di Kabupaten Kudus ini tidak ada bukti-bukti dan laporan yang disampaikan kepada kabupaten, sangat mungkin opini laporan keuangan kabupaten juga akan turun,” katanya dalam sosialisasi bertajuk Peran, Tugas, dan Fungsi BPK dan DPR dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa di Kudus, Kamis (28/3/2019).

Selain BPK, hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi tersebut anggota Komisi XI DPR RI Fathan Subchi. Sosialisasi tentang dana desa tersebut diikuti oleh para camat, kepala desa, dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Kudus.

Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Kudus, Agus Budi Satrio menyampaikan  perlunya peran BPK dalam pengawasan pengelolaan dana desa. “Kami membutuhkan arahan untuk menggunaan dana desa yang benar dengan bantuan BPK,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Fathan Subchi menegaskan, pentingnya pengawasan atas pengelolaan dana desa agar pembangunan bisa tepat sasaran. “Kami berharap agar BPK bisa  memberikan solusi sehingga pelaporan atas penggunaan dana desa menjadi lebih sederhana, dan memudahkan para pengelola dana desa,” ungkapnya.

Acara sosialisasi itu sendiri diselenggarakan oleh BPK bekerja sama dengan DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Kudus. Dalam acara yang berlangsung sekira dua jam tersebut, para peserta memperoleh penjelasan tentang pengelolaan dana desa yang baik. (ang)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.