Tragis, Puluhan Hiu Terkapar Mati di Pulau Menjangan Besar

Puluhan Hiu tersebut ditemukan mati di dasar kolam milik seorang penangkar bernama Minarno alias Cun Ming.

Ilustrasi. Penangkaran ikan Hiu di Pulau Karimunjawa. (metrojateng.com)

SEMARANG – Pengelola Taman Balai Karimunjawa menemukan sekitar 45 ikan hiu karang hitam dan karang putih mati di Pulau Menjangan Besar.

Kepala Balai Taman Karimunjawa, Agus Prabowo mengungkapkan puluhan hiu itu mati di dasar kolam milik seorang penangkar bernama Minarno alias Cun Ming.

“Lokasi kematian hiu berada di Menjangan Besar. Yang masuk sebagai zona budidaya bahari Taman Nasional Karimunjawa. Tempatnya di dua kolam penangkaran ikan milik Pak Minarno,” kata Agus kepada metrojateng.com, Selasa (19/3/2019).

Di lokasi kejadian, ia mendapati sepuluh ekor hiu masih hidup di dua kolam penangkaran. Kedua kolam dibatasi jaring sebagai penyekat. Ia sudah mengecek ulang ihwal penyebab kematian hiu di sana.

Kemudian pihaknya meminta keterangan kepada Agus Hermawan, seorang penjaga kolam hiu tersebut. “Bahwa kejadian kematian hiu sebenarnya terjadi pada Kamis 7 Maret 2019 pukul 05.30 WIB,” kata Agus.

Jumlah hiu yang mati di dua kolam penangkaran sebanyak 40-45 ekor. Masih ada dua ekor lagi, kata Agus yang bisa diselamatkan dengan memindahkan ke keramba lainnya.

Kematian tidak hanya dialami oleh ikan predator tersebut. Melainkan sejumlah ekor ikan badong, kerapu dan ikan lainnya di kolam yang sama juga mengalami nasib tragis.

“Air pada dua kolam hiu mati berwarna kekuningan,” tegasnya.

Pemilik penangkaran hiu kini sudah melaporkan ke pihak Polsek Karimunjawa. Ia telah mengambil sampel air untuk menguak penyebab kematian ikan hiu di Menjangan Besar. Sampel yang diambil berupa empat potong daging hiu dan dua botol air dalam kolam serta dua botol di luar kolam.

Ikan-ikan yang mati kini dimusnahkan dengan dibakar. “Keberadaan kolam ini pada mulanya adalah keramba untuk budidaya ikan seperti jenis Kerapu, badong, dan lainnya. Pemilik juga memelihara beberapa ekor hiu,” bebernya.

Terdapat dua jenis hiu yang dipelihara oleh Minarno. Yaitu hiu karang hitam yang bernama latin Carcharinus melanopterus dan hiu karang putih bernama latin Triaenodon obesus. “Itu bukan jenis ikan yang dilindungi,” paparnya. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.