Tragis, Nenek 75 Tahun Tewas Disengat Lebah

Usai disengat ratusan lebah Vespa affinis atau tawon endhas, kemudian korban dibawa berobat ke salah seorang mantri.

TEGAL – Seorang nenek berusia 75 tahun meninggal dunia dan seorang warga dirawat setelah disengat lebah Vespa affinis. Keduanya yakni Sakwadi (67) dan Carmi (75) warga Jalan Ki Ageng Tirtayasa Gang Melati 5, RT 01-02/ RW 04, Kelurahan Krandon Kidul, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Sarang lebah berukuran sebesar kantong semen dimusnahkan Pusdalops BPBD Kota Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

Kerabat korban, Dartam (67) saat ditemui metrojateng.com mengatakan, bibinya (Carmi) pada saat kejadian diketahui tengah mencari karpet yang biasa digunakan sebagai alas dipan (tempat duduk dari kayu-red).

Korban menduga, karpet tersebut diambil remaja setempat yang biasa bermain sepak bola. Dartam menyebut, bibinya mencari karpet ke lapangan yang berlokasi di belakang rumah. Namun, korban memilih melewati jalan setapak pada lahan kosong.

“Bibi saya nyari ke lahan kosong, mungkin karena menyenggol sarang jadi disengat. Dia sempat lari minta tolong ke saya,” kata Dartam, Sabtu (23/11/2019) siang.

Usai disengat ratusan lebah Vespa affinis atau tawon endhas, kemudian korban dibawa berobat ke salah seorang mantri. Namun, setelah diperiksa dua kali korban tak kunjung sembuh hingga akhirnya meninggal dunia, Kamis (21/11).

Atas kejadian tersebut, salah seorang warga, Sakwadi (67) berupaya memusnahkan sarang lebah. Namun, dia justru apes dan menjadi korban sengatan sehingga harus dilarikan ke RSUD Kardinah.

“Saya ambil sarangnya, lalu saya masukkan ke karung. Tetapi saat akan diikat, lebahnya terbang semua dan menyengat saya. Rasanya ya pegel, panas dan pusing,” terang Sakwadi saat ditemui di Ruang Lavender B2.

Sementara itu, Ketua RT 01/ RW 04, Hesti Irmayati menyebutkan, usai memakan korban baru pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut ke BPBD setempat. Beruntung, laporan tersebut langsung direspons cepat.

Pada Jumat (22/11) malam, sejumlah petugas Pusdalops BPBD Kota Tegal dan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung mengevakuasi sarang lebah. Sedikitnya terdapat dua sarang lebah berukuran sebesar kantong semen yang dievakuasi dan dibakar.

“Semalam sudah dua sarang yang dibakar. Tetapi sampai sekarang beberapa lebah masih seliweran. Ada laporan lagi, satu sarang kecil belum dimusnahkan,” tutupnya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.