TPS Bertambah, KPU Brebes Kekurangan Kotak Suara

Setelah dilakukan pengecekan ulang DPT dan ditetapkannya DPTHP tahap kedua, jumlah TPS bertambah menjadi 6.180 TPS.

BREBES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, kekurangan kotak suara sebanyak 501 unit untuk pelaksanaan Pemilu yang akan digelar serentak 17 April 2019 mendatang. Hal ini terjadi, menyusul bertambahnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan (DPTHP) tahap kedua.

Kotak suara yang telah dirakit KPU Brebes kini disimpan di GOR Karangbrahi. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Setelah DPTHP tahap dua selesai ditetapkan, ternyata jumlah TPS-nya bertambah sehingga kami kekurangan 501 kotak suara. Namun, permasalahan ini sudah kamu laporkan ke KPU RI,” terang Ketua KPU Brebes M Riza Pahlevi, Jumat (8/3/2019).

Menurutnya, pada DPTHP tahap satu, jumlah TPS untuk Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Brebes sebanyak 6.097 TPS. Namun, setelah dilakukan pengecekan ulang DPT dan ditetapkannya DPTHP tahap kedua, jumlah TPS bertambah menjadi 6.180 TPS.

Bertambahnya jumlah TPS itu secara otomatis menyebabkan kebutuhan kotak suara juga bertambah. Sedangkan logistik kotak suara yang telah diterima KPU Brebes dari KPU RI masih mengacu pada TPS berdasarkan DPTHP tahap kesatu.

“Ini yang menyebabkan kenapa kami kekurangan kotak suara,” tandasnya.

Selain akibat bertambahnya jumlah TPS, kekurangan kotak suara juga akibat ada yang rusak. Namun kerusakan kotak suara yang ditemukan saat proses pengecekan dan sortir jumlahnya sangat sedikit.

“Kalau kotak suara yang rusak jumlahnya hanya belasan buah. Kekurangan ini lebih didominasi karena jumlah TPS bertambah,” terangnya.

Riza optimistis, kekurangan kotak suara pemilu tersebut akan segera terpenuhi. Mengingat, pihaknya sudah melaporkan ke KPU RI dan langsung direspons.

Sementara untuk logistik lainnya, khususnya surat suara yang sebagian sudah diterima tidak ada persoalan. Bahkan, sesuai rencana pihaknya mulai Senin (11/3) akan melaksanakan penyortiran dan pelipatan di gudang setiap kecamatan. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.