indonesia-cari-bakat

TPID Solo Gelar Sidak, Harga Bawang Putih Turun Drastis

Pada awal Ramadan ini harga kebutuhan pokok relatif stabil, bahkan beberapa mengalami penurunan.

SOLO – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo menggelar sidak harga sembako di tiga pasar tradisional, Selasa (7/5/2019). Harga sembako di awal Ramadan relatif stabil, termasuk bawang putih.

TPID Solo menggelar sidak di pasar tradisional untuk memantau harga kebutuhan pokok, Selasa (7/5/2019). Foto: metrojateng.com

Tiga pasar tradisional yang disidak yakni Pasar Gedhe, Pasar Legi dan Pasar Jongke. Setiap tim yang berjumlah kurang lebih 10 orang ini berkeliling di area pasar untuk mengecek ketersediaan dan harga beberapa komoditi, seperti daging ayam, beras, minyak goreng, telur, gula pasir, bawang, daging sapi dan lain sebagainya .

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Poernomo mengatakan, pada awal Ramadan ini harga kebutuhan pokok relatif stabil, bahkan beberapa mengalami penurunan. Seperti harga bawang putih yang pada minggu sebelumnya mencapai harga Rp 80.000 / Kg menjadi Rp 45.000 / Kg.

“Kita lihat harga bawang putih sudah mulai stabil, ini karena pemerintah sudah melakukan impor dari Cina,” kata Achmad Poernomo di sela-sela sidak di Pasar Gedhe Solo.

Untuk menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil hingga Idul Fitri mendatang, Pemkot Solo juga menggelar pasar murah di tiap kecamatan. Pasar murah tersebut akan digelar selama empat hari.

“Jadi setiap kecamatan ada pasar murah selama empat hari secara bergilir. Kemungkinan mulai minggu depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Tim Sistem Pembayaran Pegelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Solo, Bakti Artanta menambahkan, tingkat inflasi di Kota Solo di bulan April 2019 sebesar 0,68 persen. Inflasi tersebut naik bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019 sebesar 0,29 persen.

Menurutnya kenaikan inflasi ini dipengaruhi dengan naiknya harga bawang putih, dan transportasi udara. “Kita lihat ini bawang putih sudah mulai turun, kita harapkan inflasi untuk bulan Mei nanti bisa turun,” ungkapnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.