Tol Trans Jawa Percepat Aktivitas Pengiriman Logistik ke Tanjung Emas

Meski sebagian pengusaha merasa tarif Tol Trans Jawa mahal, namun sebagian pengusaha lainnya menilai adanya Tol Trans Jawa ini menguntungkan karena bisa mempercepat perjalanan.

Foto: Chairman MSA Cargo, Monang Sianipar, beserta  istri saat meresmikan gudang logistiknya di dekat Pelabuhan Tanjung Emas. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa sedikit demi sedikit telah membuat aktivitas pengiriman barang ke Pelabuhan Tanjung Emas, meningkat. Bahkan, PT Monang Sianipar Abadi (MSA Kargo) menaruh optimistis tinggi bahwa Tol Trans Jawa bakal memudahkan sekaligus mempercepat  kegiatan pengiriman barang.

“Ke depan, bisnis jasa pengurusan transportasi tidak hanya terbatas pada Freight Forwarding. Melainkan juga sudah merambah kepada sektor industri logistik. Oleh karena itu, pada 2000 dan 2005, saya memutuskan membeli lahan di Jalan Tanjung Emas Semarang seluas 16,800 meter persegi untuk membangun sebuah gudang logistik, atau dengan istilah saya hotel barang,” kata Monang Sianipar, Owner PT MSA Kargo, ketika ditemui di lokasi gudang logistiknya kawasan Bandarharjo, Semarang Utara, Jumat (15/2/2019).

Menurutnya pembangunan gudang logistiknya tersebut bukanlah tanpa resiko. Menurutnya, semula kondisiperekonomian masih labil dan kurang  berkembang. 

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa pada masa mendatang Jawa Tengah akan menjadi daerah dengan era logistik terkemuka di Indonesia.

Sejak tahun 2000 hingga kini, pihaknya sudah menuntaskan pembuatan gudang logistik secara bertahap. Pada September 2016 lalu, pihaknya telah membangun gudang barang seluas 6,000 meter persegi. 

Untuk bulan ini, tepatnya hari ini, ia sudah meresmikan gudang baru seluas 2,310 meter persegi.

“Saya berharap dengan beroperasinya gudang baru ini, akan sedikit 

membantu ketersediaan gudang barang yang terbilang masih sedikit,

khususnya Jawa Tengah,” bebernya.

Monang memperkirakan Kota Semarang bakal jadi primadona bagi para penggiat bisnis Freight Forwarder. Ia menyatakan geliatnya sudah bisa dirasakan dengan gencarnya pemerintah membangun infrastuktur.Namun, semua itu akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan ketersediaan industri logistik yang memadai. MSA Kargo yang telah berkiprah sejak tahun 1981, menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan bisnisnya di bidang logistik. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.