Tol Trans Jawa Dibuka, Penumpang Pesawat Anjlok

Keberadaan jalan Tol Trans Jawa berimbas pada anjloknya penumpang pesawat mencapai 85 persen.

SEMARANG- Keberadaan jalan Tol Trans Jawa berimbas pada anjloknya penumpang pesawat mencapai 85 persen pada saat Natal di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.


Seorang petugas menara Airnav saat memantau pergerakan pesawat terbang di Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang, Selasa (25/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Communication and Legal Section Head, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryantono memprediksi, penurunan akibat warga
menggunakan jalan tol untuk menjangkau wilayah Jawa Tengah daripada pesawat.

Padahal sebelumnya, otoritas bandara optimis adanya kenaikan penumpang pada momen Natal dan Tahun Baru 2019. Pihaknya, sudah menambah 10 penerbangan tujuan Jakarta-Semarang dan sebalikna.

“Penurunan ini akibat dibukanya Tol Trans Jawa yang telah diresmikan Presiden Jokowi. Masa hari libur yang panjang membuat antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi meningkat,” kata Danar kepada metrojateng.com, Selasa (25/12/2018).

BACA: Mudik Natal, Jalur Udara Semarang-Jakarta Favorit

Data Bandara Ahmad Yani menunjukkan penurunan penumpang pesawat sudah terjadi sejak H-5 sampai dengan H-1 perayaan Natal. Per Senin (24/12/2018), penumpang pesawat berkurang sampai 85 persen menjadi 1.070 orang dibandingkan periode sama 2017 sebesar 7.095 penumpang.

Dengan kondisi itu, pertumbuhan arus pesawat terbang yang masuk ke bandaranya baru mencapai 9 persen. Jumlah ini merosot ketimbang 2017 masih berkisar 12 persen.

Ia beralasan terdapat beberapa jadwal penerbangan reguler yang dibatalkan oleh pihak maskapai. Selain indikasi tersebut, jumlah tingkat isian penumpang juga tidak penuh.

Untuk arus pesawat domestik, katanya, saat Natal 2018 ada 15 unit atau turun 74 persen daripada 2017 sebanyak 58 unit. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.