Tol Batang-Semarang Berbayar, Banyak Pengemudi Belum Siap

Antrean di Gerbang Tol Weleri

Masih banyak pengemudi mengira tol digratiskan sehingga terpaksa menggunakan transaksi tunai

KENDAL – Pemberlakuan tarif Tol Batang-Semarang mulai hari ini, Senin (21/1/2019) menyebabkan antrean panjang di gerbang tol Weleri. Petugas terpaksa melayani pembayaran tunai karena banyak pengguna kendaraan yang mengira tol masih digratiskan.

Antrean kendaraan di gerbang tol Weleri, Senin (21/1/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Fathur, salah satu sopir truk mengaku belum tahu jika mulai Senin ini Tol Batang-Semarang sudah dikenakan tarif. “Belum tahu kalau sekarang sudah mulai bayar. Untung saldo kartu tol masih cukup,” katanya.

Berdasarkan pantauan di gerbang tol  Weleri pelayanan normal menggunakan  kartu tol cukup dua menit. Tapi karena banyak yang kekurangan saldo dan dilayani dengan pembayaran tunai sehingga bisa mencapai sepuluh menit.

Manager Area Jasa Marga Semarang-Batang, Ismanto mengatakan, sesuai  Keputusan Menteri PUPR nomor  54 tahun 2019 untuk Tol Semarang-Batang  sudah diberlakukan  tarif. “Namun demikian ada beberapa kendala karena  sebelumnya gratis dan mulai berbayar, jadi sering didapati saldo kartu tol tidak cukup,” ujar Ismanto.

Sejauh ini dia bisa memaklumi ketidaktahuan pengguna kendaraan. Diharapkan untuk tiga hari ke depan sudah kembali normal. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.