TNI Siap Terjunkan Personel Waspada Erupsi Merapi

Setiap waktu bersiap ketika dibutuhkan untuk membantu menanggulangi dampak bencana di lereng Merapi.

Foto: Kepala Penerangan Kodam IV Diponegoro, Kolonel Zainuddin saat syukuran dalam rangka HUT Pendam IV Diponegoro di markasnya. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

SEMARANG – Kodam IV Diponegoro sedang bersiap menerjunkan para personelnya untuk membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Merapi. Sejauh ini, Merapi masih berstatus Waspada atau berada di Level II.

“Kami siap membantu mengamankan, kapanpun diminta. Aparat teritorial sudah digelar. Kami sudah melaksanakan mitigasi, melaksanakan bersama BPBD dan kepala daerah jika bencana itu terjadi,” ungkap Kepala Penerangan Kodam IV Diponegoro, Kolonel Zainuddin saat ditemui di markasnya, Pudakpayung Banyumanik Semarang, Selasa (15/1/2019).

Zainuddin menyatakan para personelnya masih standby bila setiap waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi dampak bencana di lereng Merapi. Termasuk memetakan kebutuhan personel dan peralatan yang digunakan saat berada di lokasi tersebut.

“Kalau butuh personel dan alat tinggal berapa yang diminta kami akan bantu,” tegasnya.

Ia mengungkapkan pengerahan para personelnya masih menunggu aba-aba dari pemerintah pusat terkait peningkatan status Gunung Merapi.

Lebih jauh, ia menjelaskan para Babinsa kini sudah bergerak secara bertahap untuk melakukan mitigasi bencana di gunung yang berada di antara Kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang dan Sleman tersebut.

Setiap Babinsa terus bergerak untuk menginformasikan perkembangan terkini mengenai status erupsi Gunung Merapi kepada masyarakat setempat.

“Untuk saat ini, karena status masih waspada 2, Babinsa yang ada di daerah Merapi yang bekerja, mengabari masyarakat sekitar untuk berhati-hati. Tapi memang kami belum gelar personel secara keseluruhan, karena belum ada alarm bahaya. Tapi ketika sudah masa evakuasi, personel di semua wilayah terkait pasti ikut membantu sekuat tenaga,” papar Zainuddin. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.