TNI Bantu Pengobatan Bocah Banyumas yang Terkena Retinoblastoma

Tak hanya membantu untuk rawat inap, Kodim 0701/Bms juga membantu hingga Panca bisa dioperasi.

BANYUMAS – Panca Nur Rama Dani, bocah yang terkena kanker bola mata (retinoblastoma) akhirnya dirawat inap di Rumah Sakti Margono Sukarjo (RSMS) Purwokerto. Bantuan untuk anak pasangan Narko dan Fitri Listiani tersebut datang dari Kodim 0701/Bms. 

Panca berjuang melawan kanker yang menyerang bola matanya. Foto: metrojateng.com

Tak hanya membantu untuk rawat inap, Kodim 0701/Bms juga membantu hingga Panca bisa dioperasi. “Kami bersama komponen lain bersinergi membantu Panca dan keluarganya, agar Panca dapat diperiksakan di rumah sakit,” kata Dandim 0701/Bms Letnan Kolonel Infanteri Wahyu Ramadhanus Suryawan, Minggu (16/9/2018).

Dikatakan, kemarin Panca telah dibawa ke Rumah Sakit Margono Purwokerto untuk dirawat dan diperiksa. Untuk sementara ia dirawat inap di bangsal Seruni kamar 4 untuk persiapan dilakukan operasi dan direncanakan Senin (17/9) di RS Margono Sukarjo.

“Saat ini sedang proses observasi, bila tidak ada kendala medis, akan diambil tindakan operasi (Senin-red). Kami terus monitor perkembangan ananda Panca,” jelas Dandim.

Seperti diketahui, Panca adalah anak tunggal dari pasangan Narko dan Fitri Listiani warga Dusun Rawasalak RT 3 RW 4 Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Bocah dua tahun tersebut terserang retinoblastoma.

Menurut Narko, pada waktu lahir anaknya tersebut normal. Namun, memasuki usia 2 tahun kornea mata anaknya memutih. Sampai pada usia 26 bulan, bola mata anaknya keluar sampai dengan sekarang.

Sebelumnya, Narko juga sempat memeriksakan anaknya ke RS Jatiwinangun Purwokerto. Namun, dari pihak RS Jatiwinangun Purwokerto disarankan ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. (MJ-27) 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.