Tingkat Kebocoran Pipa PDAM Kota Semarang Capai 39 persen

Kebocoran pipa membuat air PDAM yang terserap oleh masyarakat hanya 4,5 juta m3 dari 8 juta m3.

SEMARANG- PDAM Tirta Moedal Kota Semarang sedang mengebut perbaikan instalasi pipa air bersih yang tersebar di wilayahnya. Hal ini terkait tingkat kebocoran pipa air bersih milik PDAM telah mencapai 39 persen.

Ilustrasi. Dewan mendesak dilakukan evaluasi total terhadap kinerja PDAM Tirta Moedal. Foto: metrojateng.com/dok

“Tingkat kebocoran sekitar 39 persen tersebar di sejumlah kecamatan. Namun kebocoran pipa terbanyak kita temui di Semarang Utara,” kata Hari Murti, kabag Produksi PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Senin (17/9/2018).

Hari menyatakan kebocoran pipa PDAM di Semarang Utara lantaran dipicu banyaknya korosi akibat terkena air laut. Saat ini, ia memprioritaskan perbaikan pipa PDAM di daerah Semarang Utara. Pembenahan dengah mengganti pipa-pipa yang keropos maupun berkarat.

“Yang paling banyak memang di Semarang Utara, karena kena korosi air laut yang naik ke permukaan,” tegasnya.

BACA JUGA: PDAM Kota Semarang Segera Perbaiki Pipa Bocor 

Selain itu, ia juga telah mendeteksi kebocoran pipa air bersih di dua titik yakni Semarang Barat dan Semarang Timur.

Ia mengklaim hampir saban hari terdapat petugasnya yang dikerahkan untuk menangani kebocoran pipa saluran air bersih. Agar perbaikan dapat berjalan lancar, ia sudah melakukan koordinasi lintas instansi untuk melakukan pengawasan bersama-sama.

“Supaya ketika ada perbaikan jalan raya tidak mengenai instalasi pipa air bersih milik PDAM,” imbuhnya.

Lebih jauh lagi, banyaknya pipa air bersih yang bocor membuat kerugian besar bagi perusahaannya. Hari menambahkan, dari total 8 juta meter kubik ketersediaan air bersih yang ada saat ini. Total air bersih yang tercerap oleh masyarakat hanya 4,5 juta meter kubik.

“Itu pun baru didistribusikan kepada 7.000 pelanggan,” ujar Hari.

Ia berharap mampu memenuhi target PAD dari Pemkot mencapai Rp 15 miliar dengan berbagai upaya. Salah satunya, memacu perbaikan instalasi air bersih, menaikkan cakupan pelayanan dan memperbanyak program pasang sambung baru yang dibarengi dengan pemberian potongan harga (diskon). (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.