Tim KKN USM Dorong Warga Trimulyo Kembangkan Seni Tradisional

Warga juga diberi pelatihan desain grafis, pelatihan sablon, penanaman mangrove bersama karang taruna

SEMARANG – Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Semarang (USM) XVII menggelar pentas seni di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Sabtu (4/8). Acara ini juga melibatkan karang taruna setempat.

Mahasiswa USM
Kegiatan KKN mahasiswa USM di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Foto: metojateng.com/istimewa

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjalin kebersamaan antarwarga Trimulyo dan menjadi pemicu agar warga di pinggiran Kota Semarang tetap melestarikan budaya yang sudah ada.

“Sebenarnya banyak potensi yang dimiliki warga. Kami berusaha untuk memfasilitasi agar nantinya warga berkreasi dengan karya seni lokal yang ada,” kata Mahasiswa KKN USM di Trimulyo, Aditama Faisal.

BACA JUGA: Mahasiswa USM Ciptakan Aplikasi untuk UMKM

Tidak hanya pementasan seni, berbagai kegiatan untuk mengangkat potensi warga Trimulyo juga sudah digelar. Di antaranya pelatihan desain grafis, pelatihan sablon, penanaman mangrove bersama karang taruna dan lain-lain.

Sedangkan untuk anak-anak Trimulyo, tim KKN USM melakukan pengajaran mengaji, penyuluhan anti bullying, program gigi sehat, pelatihan pembuatan pernak-pernik untuk anak SD hingga bimbingan belajar.

Faisal menambahkan, program yang dibuat pada KKN kali ini mengacu pada aspek sosial, pendidikan, religi dan lingkungan, mengingat mahasiswa berkonsentrasi kepada pemberdayaan masyarakat. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.