Tim KKN Undip Ubah Limbah Ikan Jadi Pupuk Cair

Limbah hasil pengolahan ikan yang sebelumnya dibuang begitu saja dan mengakibatkan pencemaran, bisa diolah menjadi pupuk cair.

 

SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) mengolah limbah pulikan menjadi pupuk cair. Pulikan merupakan jeroan ikan yang mudah ditemukan di Pekalongan lantaran topografinya yang sebagian besar adalah pesisir.
Kegiatan ekspo hasil kerja program KKN di lapangan Yonif 407 Wonopringgo Pekalongan, Minggu (10/2/2019). (Foto: istimewa)

 

Pupuk tersebut mengandung nitrogen, phosphor, dan kalium yang berguna mempercepat pertumbuhan tanaman.  Limbah yang diolah menjadi pupuk adalah jeroan dan air cuciannya.

 

Sebelumnya, limbah hasil pengolahan ikan yang dibuang begitu saja. Hal ini berdampak negatif bagi lingkungan. Dengan penemuan ini, pencemaran lingkungan yang disebabkan limbah pengolahan ikan diharapkan dapat berkurang.

 

Produk inovatif tersebut dipamerkan dalam ekspo hasil kerja program KKN di Lapangan Yonif 407 Wonopringgo Pekalongan, Minggu (10/2/2019) yang dihadiri perwakilan dari Undip, seluruh mahasiswa KKN Undip serta pemerintah daerah setempat.

 

Dalam sambutannya, Ketua P2KKN Undip Edy Prasetyo menjelaskan bahwa KKN ini dalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasikan masalah-masalah serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan wilayah di lokasi KKN.

 

“Kegiatan KKN menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan sinergitas antara masyararakat kampus dan masyarakat warga negara dengan mengimplementasikan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” tutur Edy. (ade)

 

 

Ucapan Lebaran 1440

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.