Tiga Ruas Tol di Jateng Resmi Dibuka

Dengan diresmikan ruas tol di Jawa Tengah ini nantinya akan menghubungkan Merak hingga Banyuwangi.

KENDAL – Tiga ruas tol di Jawa Tengah resmi beroperasi mulai hari ini, Kamis (20/12/2018). Jalan tol ini nantinya akan terintegrasi dengan jalan tol dari Merak hingga Banyuwangi.

Presiden Jokowi meresmikan tiga ruas tol Jateng di Jembatan Kalikutho, perbatasan Batang-Kendal, Kamis (20/12/2018) sore. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Ketiga ruas tol tersebut yakni ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura yang resmi dibuka secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo di Jembatan Kali Kutho perbatasan Kendal-Batang. 

Pengoperasian jalan tol di Jateng dilakukan Jokowi setelah sebelumnya meresmikan ruas tol yang ada di Jawa Timur. Ruas Pemalang-Batang sepanjang 34 kilometer, Batang-Semarang 75 kilometer dan Salatiga-Kartasura 33 kilometer.

“Dengan diresmikan ruas tol di Jawa Tengah ini nantinya akan menghubungkan Merak hingga Banyuwangi. Dengan jalan tol ini memberikan pilihan kepada masyarakat mau lewat tol trans Jawa atau jalan nasional,” kata Jokowi.

Harapannya mobilitas perjalanan dan logistik lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Presiden juga menginginkan jalan tol ini terintegrasi dengan kawasan industri dan kawasan wisata yang ada di sepanjang ruas tol trans jawa.

“Pemerintah juga akan mendorong investasi ke daerah-daerah yang terhubung jalan tol trans Jawa ini,” imbuhnya.

Ruas tol Jateng bakal terintegrasi dengan jalan tol Merak hingga Banyuwangi. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Lebih lanjut Jokowi juga berpesan agar warga yang melintas di jalan tol trans Jawa berhati-hati. Pemerintah juga akan menggratiskan ruas tol yang baru saja diresmikan.

“Tadi sudah coba melintas jalan tol dari Surabaya kondisi jalan halus dan mulus, bahkan bus yang saya tumpangi bisa melaju hingga 90 kilometer,” jelasnya.

Sementara, Bupati Kendal Mirna Annisa mengapresiasi jalan tol Batang-Semarang mengingat sepanjang Kabupaten Kendal ada tiga pintu masuk dan keluar. “Dengan pintu masuk dan keluar ini diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Kendal dan Jawa Tengah,” kata Mirna.

Pihaknya juga akan meminta kepada pengelola jalan tol untuk memberikan fasilitas kepada usaha kecil. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.