Tiga Pejabat Bersaing Jadi Calon Sekda Kota Semarang, Pansel Diminta Netral

Dalam seleksi terbuka tersebut, tidak hanya pejabat di jajaran Pemkot Semarang yang mengikuti, tapi juga pejabat kabupaten, kota maupun provinsi yang memenuhi syarat diperbolehkan untuk mendaftar.

SEMARANG – Proses seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang saat ini masih berlangsung. Meskipun pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 29 Mei hingga 21 Juni mendatang, namun hingga saat ini belum ada calon yang mendaftar.

balaikota semarang
Balaikota Semarang

Beredar tiga nama pejabat eselon 2 yang disebutkan bakal menjadi kandidat kuat. Mereka adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminuddin, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Ulfi Imran Basuki, dan Kepala Satpol PP dan Linmas Fajar Purwoto.

Menanggapi proses seleksi terbuka calon sekda tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Supriyadi, berharap akan terpilih calon sekda yang kompeten dan bisa jadi tangan panjang pemerintah kota.

‘’Baik dalam hal komunikasi politik, sosial, dan hubungan di internal pemerintah kota. Sekda baru nanti diharapkan bisa sebagai jembatan yang baik,’’ ujarnya, Senin (17/6/2019).

Supriyadi juga mengatakan berharap calon sekda yang terpilih nanti paham regulasi, punya pengalaman, menguasai politik anggaran, dan memiliki komunikasi yang baik dengan semua pihak, termasuk bisa jadi mitra DPRD.

Demi terpilih calon sekda yang sesuai harapan tersebut, dia pun berharap seluruh pejabat di Pemkot Semarang yang sudah memenuhi kriteria admisnistratif bisa percaya diri untuk ikut seleksi.

Selain itu, dia berharap melalui teknis lelang terbuka yang dilakukan dalam seleksi ini, juga akan ada pejabat dari luar daerah yang ikut seleksi. Termasuk dari pejabat di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

‘’Karena bisa saja sosok sekda yang terpilih nanti dari luar daerah karena ini memang lelang terbuka. Namun yang dikehendaki adalah pejabat yang paham wilayah Kota Semarang,’’ katanya.

Supriyadi menegaskan, tim Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekda Kota Semarang harus bersikap netral. Mereka harus bebas dari kepentingan-kepentingan yang tidak diharapkan. Sehingga harapan akan terpilih sekda yang benar-benar kompeten bisa terwujud.

Ditambahkan, dirinya juga berharap sekda baru bisa terpilih secepatnya sesuai jadwal yang ada. Karena saat ini sudah mendekati pembahasan anggaran baru.

‘’Sekda terpilih juga kami harapkan cepat menyesuaikan diri agar persiapan penganggaran tahun 2020 tidak terkesan terburu-buru. Maka untuk itu penguasaan anggaran dan regulasi juga harus bagus,’’ pungkasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.