Tiga Kecamatan di Brebes Dipetakan Rawan dalam Pemilu

Ketiga kecamatan tersebut nantinya akan mendapat perhatian khusus agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar.

BREBES – Sedikitnya tiga kecamatan di Kabupaten Brebes termasuk daerah rawan dalam Pemilu, setelah Polres Brebes melakukan pemetaan. Demikian ditegaskan Kabag Ops Polres Brebes, Kompol Harry Sutadi, usai apel pergeseran pasukan dan penggelaran sarpras di kompleks Islamic Center, Senin (15/4/2019) siang.

Ratusan personel Polres Brebes mengikuti apel pergeseran pasukan dan penggelaran sarpras di kompleks Islamic Center. Foto : metrojateng.com/ adithya

Diterangkan Kompol Harry, ketiga kecamatan tersebut nantinya akan mendapat perhatian khusus agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar. Adapun tiga kecamatan yang masuk daerah rawan yakni, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Tanjung dan Kecamatan Losari.

Kerawanan tersebut, urai Harry, yakni berpotesni terjadi gesekan antar pendukung paslon dan partai cukup besar. Sehingga, perlu adanya penanganan dan pengamanan khusus.

“Dari data intelejen, baik dari masing-masing Polsek, Polres maupun Polda, kami sudah memetakan daerah-daerah yang rawan kriminalitas dan gesekan antar pendukung,” tegas Harry kepada metrojateng.com.

Lebih lanjut Kabag Ops Polres Brebes menegaskan, data TPS rawan di tiga kecamatan tersebut bersifat rahasia. Pihaknya tidak bersedia menjelaskan lokasi-lokasi TPS yang perlu pengamanan khusus tersebut.

“Lebih rincinya itu data internal dan bersifat rahasia. Tetapi pastinya kami sudah siap di TPS maupun pasukan on call. Baik itu pasukan BKO Polda maupun instansi samping seperti Yonif 407 dan Kodim,” imbuhnya.

Sejumlah TPS rawan ini, kata Harry, akan mendapat penebalan pasukan pengamanan di lokasi pemungutan suara. Penebalan pasukan pengamanan ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bisa mengganggu pemungutan suara.

Dijelaskan pula, pola pengamanan dilakukan dengan formasi 2-14-28. Di mana setiap dua anggota Polri mengamankan 14 TPS dan dibantu 28 anggota Linmas. Untuk pengamanan pemilu kali ini, Polres Brebes melibatkan 614 anggota, dibantu 294 personel Polda Jateng, 150 Yon 405/ Surya Kusuma dan 13.370 linmas. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.