Tiga Caleg Eks Napi Korupsi Masuk DCT Pileg Jateng

Atas keputusan MA yang diterbitkan 2 September 2018, KPU Jateng telah memasukan tiga nama kader Hanura.

SEMARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menetapkan jumlah Daftar Calon Tetap (DCT) untuk perhelatan Pileg 2019 nanti. Jumlah DCT untuk Pileg 2019 mencapai 1.319 orang atau berkurang tiga orang ketimbang Daftar Calon Sementara (DCS) masih berjumlah 1.322 orang.

Ilustrasi Pemilu 2019

“Jumlahnya berkurang tiga untuk DCT yang telah kami tetapkan untuk Pileg 2019,” kata Joko Purnomo, Ketua KPU Jateng, kepada metrojateng.com, Jumat (21/9/2018).

Berkurangnya jumlah DCT tersebut, kata dia, karena dipengaruhi sejumlah faktor teknis. Di antaranya terdapat bacaleg yang mengundurkan diri karena alasan pribadi.

Kemudian ada dua bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena gagal melengkapi berkas-berkas persyaratan pencalonan sebagai peserta Pileg.

Pihaknya lalu memasukan tiga nama kader Hanura yang diloloskan oleh Mahkamah Agung untuk ikut Pileg 2019 di Jawa Tengah. Tiga kader Hanura yang dimaksud antara lain, Mudatsir, caleg Hanuda Dapil 4 Jawa Tengah mencakup wilayah Pati dan Rembang, Warsit caleg Hanura Dapil Blora 3 dan Mohammad Nur Hasan caleg Hanura Dapil Rembang 4.

“Atas keputusan MA yang diterbitkan 2 September 2018, kami telah memasukan tiga nama kader Hanura yang sebelumnya menggugat PKPU ke Bawaslu. Ada tiga orang,” ujar Joko lagi.

KPU Jateng, tambahnya, sudah menjadwalkan masa kampanye perdana bagi peserta Pileg 2018. Kampanye perdana Pileg 2019 bakal berlangsung pada 23 September 2018 dan diselingi dengan kegiatan deklarasi damai bebas hoaks.

“Acara tersebut juga bersamaan dengan penetapan jadwal kampanye Pilpres 2019,” tukasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.