Tiang Pancang Jembatan Roboh, Bupati Amat Tegur Kontraktor

image
Proyek Jembatan Surobayan di Kabupaten Pekalongan

PEKALONGAN – Menyikapi robohnya empat tiang pancang jembatan proyek pembangunan Jembatan Surobayan, Bupati Pekalongan, Amat Antono, menegur manajemen kontraktor proyek.

“Setelah robohnya empat tiang pancang itu saya ingatkan kepada kontraktor untuk bekerja sesuai pedoman spesifikasi,” ungkapnya, Rabu (14/7).

Namun, terkait penggunaan bambu sebagai pengganti sekur (tiang penyangga) Antono mengaku belum mengetahui secara teknis apakah hal itu sesuai prosedur.

Jika melanggar spesifikasi teknis, lanjut Antono, pihaknya tidak segan memberikan sanksi kepada pelaksana proyek. “Jika melanggar spesifikasi teknis, tentu akan kami berikan sanksi,” tegasnya.

Namun, Antono berujar, robohnya empat tiang pancang tersebut tidak akan menghambat target penyelesaian proyek jembatan selama 240 hari kalender. “Saya sudah menanyakan kepada kontraktor, dan itu (tiang pancang roboh, red) tidak akan mempengaruhi penyelesaian target,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Heri Triyono Sabdo, pihaknya belum bisa memberikan komentar terkait penggunaan bahan baku bekas pakai untuk proyek jembatan senilai Rp 25 miliar tersebut.

“Setelah diselidiki, ambruknya tiang pancang itu lantaran menggunakan sekur (penyangga) bekas pakai. Sudah pada karatan. Juga yang bengkok pada bagian karatannya itu,” kata dia.(MJ-21)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

14 − = 10

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.