Terima Aduan Langsung, Polres Kendal Raih Penghargaan

Acara evaluasi kinerja secara langsung dan terbuka ini baru kali pertama dilakukan di institusi polisi

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah elemen berkumpul di halaman Maporles Kendal, Minggu (30/12/2018) pagi. Mereka diminta memberi kritikan dan masukan terkait kinerja jajaran Polres Kendal.

Polres Kendal mendapat apresiasi dari Leprid terkait pelayanan publik. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Warga dipersilakan memberikan evaluasi dengan cara menuliskan penilaian mereka terhadap kinerja Polres Kendal di selembar kertas kemudian disimpan ke dalam map berwarna merah yang sudah disediakan.

Evaluasi tersebut berisi kritik, masukan, dan saran dari masyarakat bahkan dari para Forkompinda Kabupaten Kendal. Nantinya hasil dari pencermatan evaluasi tersebut akan digunakan sebagai dasar peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kendal.

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita mengatakan poin dari evaluasi ini yakni membuktikan bahwa lembaga kepolisian tidak alergi dengan evaluasi dan kritikan. Ia menambahkan evaluasi secara massal ini juga merupakan implementasi dari program Kapolri yakni Profesional, Modern dan Terpercaya.

“Dalam hal ini kami berupaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan dari masyarakat Kendal terhadap institusi Polri,” katanya.

Ia mengatakan nantinya saran dan evaluasi dari para warga kendal itu tidak dibiarkan begitu saja, namun pihaknya akan melakukan mempelajari evaluasi dari warga tersebut.

“Satu persatu saran akan kami pelajari dan akan kami berikan umpan balik dari evaluasi tersebut dalam bentuk peningkatan pelayanan publik,” tuturnya.

Berkat evaluasi yang melibatkan warga dalam jumlah banyak itu, Polres Kendal pun akhirnya mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Leprid menilai bahwa hal itu merupakan sebuah prestasi dalam upaya peningkatan pelayaan publik.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat dapat mengkritisi kinerja Polri dan memotivasi kinerja polri agar semakin lebih baik,” tutur Hamka.

Sementara itu Bupati kendal, Mirna Annisa pun mengapresiasi langkah Polres Kendal yang melibatkan warga dalam mengevaluasi kinerja mereka.

“Tindakan menerima kritik dan evaluasi ini kedepannya tidak hanya kapolres saja, namun seperti saya hingga pemangku kebijakan di tingkat desa pun diharapkan bisa menerima kritik dan evaluasi dari masyarakat,” tuturnya

General Manager Leprid, Fitricia Arisusanti mengatakan acara evaluasi kinerja secara langsung dan terbuka ini baru kali pertama dilakukan di institusi polisi. “Tidak hanya pertama di Indonesia namun juga di dunia belum pernah dilaksanakan gebrakan seperti ini,” ungkapnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.