Terganggu Proyek Tol, Siswa dan Guru Minta Segera Dipindahkan

Seorang guru membersihkan mejanya dari debu. Pembersihan harus dilakukans etiap jam, disebabkan oleh debu proyek pembangunan jalan tol Semarang – Batang. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Baik siswa maupun guru di SD Negeri 2 Protomulyo Kaliwungu Kendal mengeluhkan debu dan bising suara pengerjaan proyek jalan tol Batang Semarang. Mereka meminta secepatnya direlokasi atau dipindahkan ke lokasi yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar. Sementara, pemerintah belum dapat melakukan relokasi yang diminta, lantaran belum ada kesepakatan dengan pelaksana proyek.

Kendati begitu, para siswa tetap belajar. Kegiatan belajar mengajar saat ini berlangsung bersebelajan dengan alat berat yang bekerja di proyek jalan tol Batang Semarang. Para siswa mengatakan tidak bisa fokus pelajaran karena suara truk dan alat berat. Tidak hanya itu, merekapun merasakan gangguan pada pernafasan.

“Banyak debu yang masuk dan suara bising kendaraan proyek jadi tidak bisa konsentrasi belajar,” kata Aisyah siswa kelas VI. Sejumlah guru juga mengeluhkan debu yang masuk ke ruangan, sehingga hampir setiap satu jam harus membersihkan meja dari debu.

Kabid Pendidikan SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Sri Bagus Darmoyo mengatakan ada empat sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama yang terkena proyek jalan tol Batang Semarang.

“Lokasi pengganti sudah disiapkan pemerintah daerah namun kita meminta kepada pelaksana proyek sebelum sekolah pengganti selesai dibangun, bangunan lama jangan dibongkar terlebih dahulu. Jika ingin memindahkan bisa ke lokasi lain menunggu lokasi pengganti selesai dibangun,” jelasnya.

Sementara itu Humas PT Waskita seksi empat, Totok Suharto menjelaskan bahwa relokasi sudah disiapkan. “Sedangkan untuk pemindahan sementara masih menunggu permintaan dari pemerintah daerah. Kita siap untuk memindahkan sementara namun harus ada surat permintaan yang resmi dari pemerintah,” kilah Totok.

Selain empat SD dan satu SMP terdampak pembangunan jalan tol Batang Semarang, ratusan makam juga ikut dipindahkan ke lokasi yang baru. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

82 − 72 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.