Terbukti Kampanye di Masjid, Caleg Gerindra Divonis Dua Bulan

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang meminta terdakwa dihukum lima bulan penjara dan denda Rp 10 juta subsider dua bulan kurungan.

SUKOHARJO – Majelis hakim Pengadilan Negeri Sukoharjo menjatuhkan vonis dua bulan kurungan dan denda Rp 5 juta dengan masa percobaan 5 bulan terhadap Nur Rochmi Kurnia, Jumat (10/5/2019). Caleg DPR RI dari partai Gerindra itu terbukti melakukan kampanye di tempat ibadah.

Nur Rochmi Kurnia saat menjalani sidang lanjutan kasus pelanggaran Pemilu di PN Sukoharjo. Caleg partai Gerindra itu divonis dua bulan kurungan dengan masa percobaan lima bulan. Foto: metrojateng.com

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Indriani, Nur Rochmi tidak menjalani masa kurungan, kecuali apabila melakukan tindak pidana lain selama masa percobaan lima bulan ke depan akan dilakukan penahanan. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang meminta terdakwa dihukum lima bulan penjara dan denda Rp 10 juta subsider dua bulan kurungan.

Dalam vonisnya, majelis hakim menyampaikan bahwa Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) V Jateng itu terbukti secara sah melanggar pasal 521 junto 280 huruf h UU RI no 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yakni kampanye di tempat ibadah.

Atas vonis itu Nur Rochmi mengaku menerima dan tidak mengajukan banding. “Kami terima, karena alasannya pertimbangan majelis hakim untuk dugaan money politic tidak terbukti, dan yang terbukti di tempat ibadah,” kata dia usai sidang.

Nur Rochmi juga menghormati putusan majelis hakim dengan pertimbangan kemanusiaan karena dirinya punya dua anak batita, dan satu berusia 30 hari.

“Saya rasa putusan ini cukup adil, karena bagi saya berkampanye di tempat ibadah bukan suatu tindakan kejahatan yang merugikan orang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Rochmad Basuki Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sukoharjo mengatakan, pihaknya merasa puas dengan putusan tersebut. “Ini bisa menjadi pembelajaran bagi yang lain, kalaupun itu melanggar dan tetap kami proses sesuai dengan undang-undang,” tegasnya. (MJ-28)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.