Terbuka, Peluang Kerja Alumni Teknik Elektro

Semua sistem yang menggunakan listrik pasti memakai jasa para elektro. Itu peluang yang harus kita rebut di era milenial.

SEMARANG- Para mahasiswa Teknik Elektro Unika Soegijapranata berpotensi meraih peluang kerja yang cukup menjanjikan di era milenial mengingat keahliannya dibutuhkan untuk mendukung keandalan sebuah proyek bangunan.


Seminar Peran Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing pada Pembangunan Gedung di Unika Soegijapranata Semarang, Sabtu (1/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Damar Budilaksono, seorang alumni Teknik Elektro Unika Soegijapranata menyampaikan, terdapat peluang besar para lulusan Teknik Elektro di dunia kerja.

Ia mengaku banyak jalur pekerjaan yang dapat diraih dengan menggunakan keahlian sebagai seorang elektrikal, mekanikal maupun plumbing. Menurut dia, banyak perusahaan yang masih membutuhkan tenaga dari lulusan teknik elektro.

“Kita berikan informasi mendalam agar harapannya bisa mengarahkan lulusan Teknik Elektro membidik tujuan-tujuannya dan memilih jalur kerja di mana saja,” katanya kepada metrojateng.com, Sabtu (1/12/2018).

Peluang kerja yang ia maksud bisa mengarah menjadi petugas mekanikal gedung, petugas pada tim elektrikal gondola maupun lift.

“Semua sistem yang menggunakan listrik pasti memakai jasa para elektro. Itu peluang yang harus kita rebut di era milenial. Peluang usahanya sangat luas,” bebernya.

Kepala Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang, Leonardus Heru Pratomo, mengatakan menjaga kehandalan jaringan instalasi listrik memang membutuhkan keahlian khusus dari para elektrikal maupun mekanikal. Sebab selain menjadi obyek vital pada gedung, juga untuk memastikan keselamatan bagi penghuninya.

“Namun nyatanya tidak sedikit pengelola gedung di sini yang kurang memberikan fokus perhatian pada obyek tersebut. Banyak yang menganggap kurang penting karena hanya mengeluarkan biaya tanpa menghasilkan pendapatan,” ujar Leo. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.