Temukan Sampah di Sungai, Bupati Sebut Kesadaran Warga Rendah

 

Bupati Mirna Annisa menyusuri tepi sungai di dekat alun-akun Kendal. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

 

 

KENDAL – Bupati Kendal Mirna Annisa menyebut kesadaran warga Kendal berkaitan dengan kebersihan lingkungan masih rendah. Salah satunya ditengarai dengan masih adanya sampah di sungai. Mirna mengatakan, ia masih menemukan sampah di saluran air dan sungai di sekitar alun-alun Kendal.

“Ayo sama-sama kita jaga,  para PNS telah bekerja maksimal menata lingkungan dan membangun Kendal. Kami berharap masyarakat juga menyambut baik dan saling bersinergi menjaga lingkungan,” ucapnya saat melakukan sidak di sungai sekitar alun-alun, Kamis (30/11) pagi.

Kabid Pengelolaan Aset Daerah Aris Irwanto, Kasi Pertamanan dan Pemakaman DLH Wahjuono Irwanto dan Camat Kendal Sobirin, turut serta bersama Bupati Mirna, berjalan kaki melewati bantaran sungai ke arah timur. Mereka menuju sungai di Jalan Waluyo, kemudian dilanjutkan ke arah barat menuju Alun-alun Kendal.

Menurut Bupati Mirna, Kota Kendal masih harus dibenahi. Langkahnya menilik sungai di sekitar alun-alun adalah untuk mencari solusi penataan Kota Kendal. Seperti memperbaiki kondisi sungai, saluran drainasi dan penataan PKL.

Kabid Pengelolaan Aset Daerah pada Bakeuda Kendal, Aris Irwanto mengusulkan perlunya melakukan penataan PKL. “Jika nantinya lokasi PKL dipindah, maka akan dicarikan lokasi yang tepat,” katanya.

Kasi Pertamanan dan Pemakaman pada DLH Kendal, Wahjuono Irwanto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kecamatan dan OPD terkait untuk bersama-sama mengatasi kebersihan  sungai. “Pemeliharaan sungai bukan wewenang DLH. Tapi kami akan membantu untuk menjaga kebersihannya,” katanya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

53 − = 46

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.