Telan Rp 8 Miliar, Jembatan Gantung Ngembik akan Dibuat Permanen

Jembatan gantung yang akan dibuat permanen ini, sebelumnya dibangun secara perorangan oleh warga setempat.

MAGELANG – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR), tahun ini akan melaksanakan pembangunan jembatan Ngembik, yang membentang di atas Sungai Progo. Jembatan yang menghubungkan Kampung Ngembik Lor, Kramat Kota Magelang dengan Desa Rejosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang itu bakal menelan dana Rp 8 miliar.

Menteri PUPR meninjau jembatan gantung Sungai Progo yang menghubungkan Magelang dan Kecamatan Bandongan, Kamis (4/4/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Tahun ini kita laksanakan, dan tinggal mengerjakan karena tanah dan lokasi sudah ada,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di sela-sela meninjau jembatan gantung Ngembik, Kamis (4/4/2019).

Jembatan gantung yang akan dibuat permanen ini, sebelumnya dibangun secara perorangan oleh warga setempat. Menteri Basuki mengatakan, jembatan yang dibangun secara perorangan banyak terdapat di Indonesia.

“Selama ini, yang sudah dibangun sebanyak 124, dan untuk tahun 2019 sebanyak 166 jembatan. Salah satunya adalah jembatan gantung yang melintas di atas Sungai progo Magelang,” katanya.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 120 meter dengan lebar 1,8 meter. Nantinya, jembatan permanen yang dibangun hanya boleh dilintasi kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Nusyirwan Soejono yang ikut meninjau jembatan tersebut mengatakan, pihaknya sering mendapatkan masukan terkait kondisi  jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Progo. Jembatan itu dinilai sudah tidak layak digunakan.

Sementara, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan, sebenarnya Pemkot Magelang sudah lama  mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat, untuk segera memperbaiki jembatan gantung tersebut. Namun baru tahun ini akan dibangun dengan jembatan yang permanen dan kuat.

Sigit mengungkapkan, ke depan pihaknya akan memprioritaskan pembangunan jembatan sebelum kemudian melakukan pembangunan infrastruktur lain di sekitarnya. (MJ-24).

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.