Tekan Kecelakaan Mobil Tangki, Mydoctor Pertamina Dicatat Rekor Muri

Fungsi aplikasi Mydoctor ini sangat bermanfaat bagi pekerja Pertamina MOR IV di wilayah Jateng dan DIY.

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian didampingi Area Manager Medical Pertamina MOR IV, Sari Kusuma Ninggar menerima penghargaan dari Rekor Muri atas inovasi aplikasi kesehatan pekerja Mydoctor di sela kegiatan healthy talk BBM Bincang-bincang Menarik di Kantor Pertamina MOR IV, Jumat (22/11/2019). Foto : metrojateng.com/anggun puspita.

SEMARANG – Aplikasi layanan kesehatan pekerja PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY, Mydoctor berhasil menekan angka kecelakaan mobil tangki hingga 50 persen.
Atas capaian tersebut aplikasi mobile phone ini kembali meraih Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Aplikasi Mydoctor Pertamina mendapatkan penghargaan dari Muri sebagai aplikasi kesehatan pekerja melalui mobile phone pertama di lingkungan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh pihak Muri kepada General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, di sela kegiatan healthy talk BBM Bincang-bincang Menarik di Kantor Pertamina MOR IV, Jumat (22/11/2019).

Iin menjelaskan, fungsi aplikasi Mydoctor ini sangat bermanfaat bagi pekerja Pertamina MOR IV di wilayah Jateng dan DIY.

“Jadi tahun lalu kami juga sudah melakukan kebugaran pada awak mobil tangki dan semua pekerja di Pertamina, semua kami tingkatkan dengan menggunakan basis web dan memberikan kinerja luar biasa. Tingkat kecelakaan dari mobil tangki kami turun mencapai 50 persen dari rata-rata nasional 17 persen,” jelasnya.

Diketahui, tantangan perusahaan minyak dan gas seperti Pertamina adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pekerja secara berkala yang sulit dilakukan, karena dinamika pekerjaan yang intensitasnya tinggi. Maka, semua pekerja dan mitra kerja Pertamina yang selama ini memonitor tingkat kesehatanya secara manual, mulai hari ini akan melaksanakan melalui aplikasi atau menggunakan teknologi.

“Selama ini menggunakan manual dan sekarang beralih ke teknologi yaitu aplikasi Mydoctor Pertamina ini, sehingga pekerja Pertamina kami pastikan dalam keadaan fit dan bugar sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Adapun, fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Mydoctor Pertamina antara lain, konsultasi dengan dokter keluarga Pertamina (internal) bisa dimanfaatkan 24 jam oleh pekerja, keluarga, mitra kerja, dan lain-lain.

Area Manager Medical Pertamina MOR IV, Sari Kusuma Ninggar mengungkapkan, Mydoctor bisa juga digunakan untuk medical chek-up, pengukuran tingkat stres, pengukuran serangan stroke pada 5 tahun dan 10 tahun kedepan.

“Kelebihan dari aplikasi Mydoctor Pertamina lainnya yaitu akses untuk ke provider rumah sakit yang menjadi langganan Pertamina. Dimana pun di seluruh Indonesia sudah kami sematkan dalam aplikasi, nantinya akan langsung terintegrasi dengan lokasi pekerja berada. Artinya bila ada keadaan darurat, bisa dilihat rumah sakit mana yang terdekat atau yang fasilitasnya sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan saat itu,” katanya.

Sementara, Unit Manager Comm & CSR MOR IV, Anna Yudhiastuti mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pertamina untuk terus menjaga dan meningkatkan kesehatan pekerjanya.

“Harapan besar kami tentunya program atau aplikasi seperti ini dapat disebarluaskan ke perusahaan lain dalam rangka mendukung nawacita nasional yaitu meningkatnya kualitas hidup manusia di Indonesia dapat terwujud,” imbuhnya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.