Tebing Longsor Tewaskan Penambang Pasir di Magelang

Korban dan rekannya yang lain sempat berlari untuk menyelamatkan diri.

MAGELANG – Supardi (35) warga Dusun Srumbung Ngisor Desa Kradenan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang tewas tertimbun longsoran pasir di lokasi penambangan manual desa setempat, Selasa (12/11/2019). Korban tak mampu menyelamatkan diri saat terjadi longsoran tebing.

Jasad Supardi setelah dievakuasi dari lokasi longsor. Foto: dokumentasi

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 08.00 WIB ini, bermula saat korban bersama rekannya sedang melakukan aktivitas penambangan secara manual di bawah tebing setinggi kurang lebih 10 meter. Saat itu, korban dan rekannya sudah sempat mengetahui kalau ada runtuhan kecil dari atas tebing.

Bahkan korban dan rekannya yang lain sempat berlari untuk menyelamatkan diri. Nahas, saat lari korban tersandung batu dan jatuh tertelungkup.

Saat mencoba untuk berdiri kembali, tiba-tiba tebing setinggi kurang lebih 10 meter, dan dengan lebar 5 meter yang berada di atasnya longsor dan langsung menimpa korban.

Kapolsek Srumbung, Iptu Sumino menjelaskan, rekan korban sempat berusaha untuk mengevakuasi korban yang tertimbun oleh material pasir dan batu setebal kurang lebih 1,5 meter secara manual. “Saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia,” kata dia.

Jenazah korban langsung dibawa ke RSUD Muntilan untuk diautopsi. Kapolsek mengimbau agar para penambang pasir lebih mengutamakan keselamatan dan tidak melakukan penambangan terutama pada bagian tebing, karena dikhawatirkan bisa terjadi longsor. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.