Tampung Pesawat Jumbo, Landasan Pacu Bandara A Yani Bakal Diperpanjang

Untuk mengantisipasi dan meningkatkan jumlah pergerakan kargo, Bandara A Yani bakal mengoperasikan terminal kargo baru pada akhir Januari atau awal Februari 2019.

SEMARANG – Demi menampung armada pesawat tipe berbadan besar (wide body), pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, tengah bersiap memperpanjang landasan pacu. Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani, Cecep Marga Sonjaya mengatakan, saat ini sedang merencanakan penambahan panjang runway.

Pesawat Garuda Indonesia bernomor lambung GA 233 rute Semarang-Jakarta, di Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (26/10/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Ia menyatakan perpanjangan runway akan dimanfaatkan untuk mendongkrak layanan bagi para calon penumpang pesawat. Selain itu juga sekaligus untuk mengakomodir permintaan kalangan pebisnis yang beroperasi di area Bandara Ahmad Yani.

“Dengan adanya penambahan panjang runway, maka akan membuka peluang pesawat tipe wide body untuk dapat beroperasi di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang,” kata Cecep, Minggu (06/01/2019).

Peningkatan layanan nantinya dikerjakan pula di sektor taxi way. Cecep mengaku akan menambah kemampuan kapasitas pergerakan pesawat per jamnya. Sebab, saat kondisi eksisting kapasitas saat ini adalah 14 pergerakan pesawat per jamnya dan pergerakan dapat meningkat lebih tinggi.

Sedangkan untuk mengantisipasi dan meningkatkan jumlah pergerakan kargo, pihaknya mengoperasikan terminal kargo baru pada akhir Januari atau awal Februari 2019. Terminal kargo baru itu memiliki luasan 2.560 meter persegi.

Luasan tersebut mencapai tiga kali lebih luas dibandingkan dengan terminal kargo eksisting 774 meter persegi. “Dengan kapasitas 60.000 ton per tahun dari kargo lama 18.250 ton per tahun,” bebernya. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.