Tambah Dua PLTU, Pasokan Listrik Jawa Bali Makin Terang

image

JEPARA Pasokan listrik di kawasan Jawa – Bali dipastikan lebih andal seiring rencana pembangunan unit 5 dan 6 PLTU Tanjung Jati B, Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Dua unit PLTU baru itu memiliki kapasitas produksi hingga 2000 Megawatt (MW).

GM Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan PLTU TJ B, Ari Basuki, menyatakan, saat ini proses power purchase agreement (PPA) berkait rencana pembangunan pembangkit unit 5 dan 6 masih dilakukan di tingkat pusat. Jika proses tersebut lancar dan sekaligus ditandatangani, maka pembangunan dua unit pembangkit baru itu dijadwalkan sudah mulai bisa digarap tahun depan.

Tiap unit baru itu memiliki kapasitas produksi 1000 MW, kata Ari.

Pembangunan unit 5 dan 6 PLTU TJ B ini merupakan bagian dari rencana pemerintah membangun pembangkit listrik 35 ribu MW. Ditambahkan Ari Basuki, di Jawa Tengah sendiri, dalam beberapa tahun mendatang ada sejumlah proyek serupa yang dicanangkan pemerintah untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Di antaranya pembangunan PLTU Batang dengan kapasitas produksi 2 x 1000 MW, lalu penambahan unit produksi PLTU 2 Jateng di Cilacap sebesar 1600 MW, urai Ari Basuki.

Ari Basuki menambahkan, saat ini, PLTU TJ B sudah memiliki empat unit pembangkit. Jika ditotal kapasitas produksi empat unit PLTU TJ B itu mencapai 2840 MW.

Kontribusi PLTU TJ B untuk pasokan listrik Jawa Bali sekitar 11 – 12 persen, tutup Ari Basuki. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

66 − 65 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.