Taman Indonesia Kaya jadi Rumah Seniman

Taman Indonesia Kaya resmi beroperasi.

SEMARANG- Taman Indonesia Kaya diharapkan tak hanya sekadar menjadi ikon baru di Kota Semarang. Lebih dari itu, menjadi tuan rumah bagi para seniman dalam menggelar berbagai pertunjukan seni budaya.

Presiden Direktur Djarum Foundation, Victor Hartono bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan Taman Indonesia Kaya di Jalan Menteri Supeno Rabu (10/10/2018) malam. Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

“Taman Indonesia Kaya akan memberikan warna baru karena berada di pusat kota. Tapi sekaligus bisa menjadi rumah bagi para seniman Jawa Tengah untuk berbagai macam kegiatan dan pertunjukan seni budaya,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, usai meresmikan Taman Indonesia Kaya, Kamis (11/10/2018).

Taman Indonesia Kaya sendiri telah resmi dibuka pada Rabu (10/10/2018) malam oleh Wali Kota Semarang. Ditandai dengan pemencetan tombol dan penandatanganan prasasti.

Lebih lanjut, Hendi, sapaan akrab wali kota, mengharapkan para komunitas seni maupun para pekerja seni di Jawa Tengah akan terinspirasi untuk menciptakan karya-karya baru.

“Sehingga akan lebih dikenal dan mampu bersaing di dunia seni pertunjukan Indonesia,” katanya.

Taman Indonesia Kaya dibangun dalam waktu 11 bulan dengan CSR dari Bakti Budaya Djarum Foundation. Taman Indonesia Kaya yang dulu dikenal sebagai taman KB di Jalan Menteri Soepeno ini berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi.

Taman Indonesia Kaya merupakan taman terbesar pertama di Jateng yang menghadirkan konsep panggung seni pertunjukan terbuka. Fasilitas yang tersedia terdiri dari dua buah panggung budaya, masing-masing berkapasitas 200 orang dan 8.000 orang.

Selain itu, ada Taman Pandawa Lima, Pelataran Penikmat Seni, Amphitheater, Area Hijau, Gerbang Mural, serta Air Mancur Menari yang dapat bergerak selaras dengan alunan musik yang diputar. (duh).

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.