Tahun Ini Pemprov Jateng Targetkan Bangun 11 Embung Baru

Saat ini, Pemprov Jateng telah membangun total sebanyak 1.190 embung dengan berbagai kategori.

SEMARANG – Untuk mengatasi kekeringan di sejumlah daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membangun sedikitnya 11 embung baru. Beberapa wilayah yang akan menjadi prioritas pembangunan embung antara lain Wonogiri, Demak, Kendal, Tegal, Pati, dan Purbalingga.

Talkshow Prime Topic, Rabu (17/7/2019). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jateng, Eko Yunanto mengatakan, pada 2018 pihaknya sudah membangun sebanyak 81 embung. Sedangkan hingga akhir 2019 ini akan dibangun 11.

Embung-embung tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tadah air hujan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

“Untuk membangun satu buah embung dengan luas satu hektar dibutuhkan anggaran Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar. Namun hal itu masih kondisional, melihat kondisi embung yang akan dibangun tersebut,” ungkapnya, Rabu (17/7/2019).

Embung yang dibangun tidak hanya didesain untuk irigasi pertanian. Melihat kondisi yang ada, yaitu kesenjangan ketersediaan air bersih, konsep embung yang dihadirkan harus menjawab persoalan yang ada.

Saat ini, Pemprov Jateng telah membangun total sebanyak 1.190 embung dengan berbagai kategori. Pembangunan tersebut dilakukan oleh BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian dan Perkebunan dan dinas terkait lainnya. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.