Tahun 2019 Tak Ada Anggaran Normalisasi Sungai Beringin

Pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemkot Semarang.

SEMARANG- APBD Kota Semarang 2019 tak menganggarkan pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Beringin di Kecamatan Tugu. Padahal, normalisasi sudah mendesak karena
potensi banjir selalu ada setiap musim hujan di wilayah Semarang bagian barat.

normalisasi kali beringin
Bantaran ungai Beringin yang masih dipenuhi rumah warga menjadi kendala dilaksanakannya normalisasi. (foto: metrojateng/Masrukhin Abduh)

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Suharsono, di Balai Kota Semarang, Rabu (14/11/2018). Pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemkot Semarang, sedangkan kegiatan pekerjaan normalisasi akan dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Belanja langsung atau infrastruktur, kata dia, pada APBD murni 2019 menurun sangat drastis. Di anatranya, di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tahun 2018 anggarannya mencapai Rp 540 miliar, sedangkan tahun 2019 berkurang menjadi Rp 413 miliar. Padahal tahun 2019 sesuai dengan amanah RPJMD, adalah tahun peningkatan percepatan infrastruktur.

“Tentu berdampak pada prioritas-prioritas pembangunan seperti pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Beringin. Tahun 2018 dianggarkan, tapi 2019 tidak dianggarkan untuk pembebasan lahan,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Dia menambahkan hal itu tentu sangat memprihatinkan. Karena seharusnya yang sudah menjadi komitmen bersama di RPJMD, di antaranya termasuk masalah penanganan banjir, diupayakan secara maksimal untuk dilaksanakan. “Banjir harus terkurangi secara signifikan, perbaikan jalan juga harus lebih baik lagi,” katanya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.