Tahir Foundation Hibahkan Bus Tingkat untuk Pariwisata Solo

SOLO – Tahir Foundation memberikan hibah satu unit bus tingkat pariwisata kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Bus hibah yang nantinya digunakan sebagai pendamping bus Wekudara tersebut tiba di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo pada Kamis malam (24/5).

Tahir Foundation menghibahkan bus tingkat untuk mendukung pariwisata Solo. Foto: metrojateng.com

Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno mengatakan bus hibah tersebut belum diberi nama. Pihaknya masih menunggu Wali Kota Solo untuk nama bus yang konon lebih modern dari bus pariwisata Werkudara tersebut.

“Ini hasil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengajukan permohonan bus ke pemerintah. Secepat mungkin sehabis Lebaran kami operasikan bus ini sebagai bus wisata,” ujarnya, Jumat (25/4).

Lebih lanjut, Hari menjelaskan jika bus tersebut bertransmisi matic dan dilengkapi dengan sejumlah fitur. Seperti tempat duduk sejumlah 77 seat, cctv, ac, mesin mercy, tempat khusus bagi penyandang disabilitas, alat pemadam kebakaran, hingga pintu bus yang otomatis terbuka dan tertutup.

Mengenai harga tiket, Hari mengatakan harga tiket sama dengan bus pariwisata sebelumnya, Werkudara. Yakni, Rp 20 ribu per tiket. Sebab, mengacu Perda yang diterapkan di Solo saat ini. Akan tetapi, Hari mengaku tidak menutup kemungkinan harga akan dinaikkan ke depannya, sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

“Ini gagasan kami, tetapi untuk mempraktikannya harus bekerja sama dengan dinas pariwisata. Barangkali nanti bisa ke Boyolali, Solo Baru, kalau bisa sampai Tawangmangu,” urainya.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dishub Solo, Taufik Muhammad mengatakan selama ini operasional bus pariwisata Werkudara sebanyak 24 kali dalam satu bulan. Dengan seat sebanyak 55 seat, penumpang bus pariwisata Werkudara selalu penuh.

“Selama ini pengunjung bus pariwisata di Solo tidak sepi. Semoga semakin meningkat dengan adanya bus baru ini,” jelasnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

63 + = 64

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.